Tahera Rahman, Reporter TV Berjilbab Pertama di Amerika

Tahera Rahman, reporter TV berjilbab pertama di Amerika Serikat. (VOA)
08 Juni 2018 05:30 WIB Adib Muttaqin Asfar Internasional Share :

Solopos.com, ROCK ISLAND -- Bagi masyarakat Indonesia, pesenter televisi berjilbab adalah hal biasa. Namun di Amerika Serikat (AS) keberadaan reporter TV berjilbab adalah langka. Karena itulah kemunculan Tahera Rahman menjadi kejutan di negeri Paman Sam.

Dilansir oleh Voice of America (VOA), Tahera adalah reporter di WHBF TV, stasiun televisi yang berbasis di Rock Island, Illinois, dekat perbatasan Iowa. Tahera pun menjadi reporter TV pertama di AS yang mengenakan jilbab.

Lahir di Chicago, Tahera dibesarkan orang tua yang berasal asal India dan Pakistan. Dengan penampilannya yang berhijab, dia menjadi sorotan publik setempat dan mengejutkan komunitas muslim lokal. Memang ada komentar yang menuding dia sesat dan harus pindah agama, tapi kebanyakan komentar dari penonton bernada positif dan mendukungnya.

Namun, Tahera diterima bekerja sebagai reporter TV bukan karena jilbabnya, melainkan karena kemampuannya. Direktur Pemberitaan WHBF TV, Mike Mickle, mengatakan dirinya tidak ingin meminta Tahera melepas jilbabnya meski menjadi fenomenal di Amerika.