Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 8 Juni 793, Viking Mulai Jajah Inggris

Bentuk helm yang diyakini sebagai bagian dari pakaian Viking. (Wikimedia.org)
08 Juni 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO  Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-159—hari ke-160 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 8 Juni. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 8 Juni adalah tibanya Viking di tanah Inggris untuk kali pertama.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 7 Juni.

Tokopedia

218
Pasukan Kekaisaran Romawi pimpinan Macrinus bertempur melawan pasukan pemberontak yang dipimpin Elagabalus di Kota Antiokh atau kini Antakya di Turki. Dengan bantuan pasukan Suriah, Elagabalus berhasil menang dan menggulingkan Macrinus dari takhtanya. Elagabalus lantas naik takhta menjadi kaisar Romawi setelah menang dalam pertempuran yang disebut dengan istilah Pertempuran Antiokh itu.

793
Bangsa Viking menyerang biara di Lindisfarne di Northumbria, sebelah utara Inggris. Peristiwa ini diyakini sebagai awal penjajahan yang dilakukan Bangsa Viking di tanah Inggris.

1042
Edward Sang Penasihat dinobatkan sebagai Raja Inggris. Edward adalah merupakan orang terakhir dari bangsa Anglo-Saxon yang memimpin Inggris. Ia memimpin Inggris hingga akhir hayatnya pada 1066.

1867
Franz Joseph I dinobatkan sebagai raja Austria-Hungaria. Ia lantas memimpin Austria-Hungaria hingga akhir hayatnya pada 1916. Franz Joseph I adalah raja dengan masa jabatan terlama di Eropa setelah Kaisar Prancis Louis XIV dan Raja Liechtenstein Johann II.

1921
Soeharto lahir di Kemusuk, Bantul, Yogyakarta, Hindia Belanda—kini Indonesia—dari rahim Sukirah. Ia lantas dikenal sebagai presiden ke-2 Indonesia yang menjabat dari 1967 hingga 1998. Jabatan yang dipangku selama lebih dari 30 tahun menjadikan Soeharto sebagai presiden yang memiliki masa jabatan paling lama di Indonesia. Soeharto meninggal dunia pada 2008 silam dan dimakamkan di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

1940
Pasukan Sekutu melaksanakan Operasi Alfabet di pelabuhan Narvik, Norwegia setelah kalah dari pasukan Jerman. Operasi tersebut adalah upaya Sekutu mengevakuasi tentaranya yang masih bertahan hidup. Jerman yang berhasil mengusir pasukan Sekutu lantas berhasil menaklukkan Norwegia.

1967
Pada masa Perang Enam Hari, Pasukan Israel menyerang kapal milik Amerika Serikat (AS), USS Liberty, menggunakan pesawat tempur dan kapal perang. Israel mengklaim serangan tersebut tak sengaja dilakukan. Mereka lantas meminta maaf kepada pihak AS dan menyatakan serangan tersebut sebenarnya ditujukan kepada kapal perang milik Mesir. Alibat insiden tersebut, 37 orang meninggal dunia dan 171 lainnya luka-luka.

1982
Pesawat tempur milik Argentina menyerang kapal pengangkut milik Inggris, Sir Galahad dan Sir Tristram di Kepulauan Falkland. Di sisi lain, pasukan Inggris telah mengepung 7.000 tentara Argentina dan meminta pihak Argentina segera menyerah demi mengakhiri Pertempuran Falkland.

1984
Javier Alejandro Mascherano lahir di San Lorenzo, Argentina. Kini, namanya dkenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni West Ham United, Liverpool, dan Barcelona. Sejak awal 2018, pemain yang biasa dipasang sebagai gelandang bertahan dan bek tengah itu membela salah satu tim di Tiongkok, Hebei China Fortune.

2009
Pengadilan Korea Utara (Korut) menjatuhkan hukuman kerja paksa selama 12 tahun terhadap dua jurnalis asal Amerika Serikat (AS) setelah terbukti memasuki kawasan Korut tanpa izin. kedua jurnalis itu terbukti masuk ke Korut tanpa izin melalui Tiongkok. Selain itu, mereka juga melakukan peliputan berita tentang Korut tanpa izin.