Bisnis
Selasa, 23 April 2024 - 12:26 WIB

Mengetahui Pentingnya Personal Branding dalam Dunia Kerja

Redaksi Solopos.com  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi karyawan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Personal branding dalam dunia kerja sangat penting dimiliki setiap orang. Apalagi di era digital seperti saat ini, personal branding menjadi salah satu aspek penting dalam membangun citra diri.

Secara harfiah, personal branding merupakan suatu proses membangun dan mengelola citra atau reputasi masing-masing individu, baik dalam lingkungan pribadi maupun profesional.

Advertisement

Citra diri ini bisa membentuk persepsi masyarakat yang meliputi kepribadian, kemampuan, dan apsek lainnya yang menciptakan persepsi positif di benak masyarakat serta dapat digunakan sebagai alat pemasaran.

Di dunia kerja, personal branding sangat dibutuhkan dan penting dimiliki. Secara teori, personal branding berguna dalam bersaing di dunia kerja, menggapai pekerjaan, dan pengembangan profesi kerja. Dengan personal branding yang kuat dapat mendorong individu dalam mengembangkan kemampuannya dan meningkatkan self awareness, self-esteem, self-wroth, dan nilai positif lainnya. Sehingga dapat menjadi nilai pembeda atau keunikan seorang individu dari orang lain.

Terdapat empat poin pentingnya personal branding dalam dunia kerja yang wajib Anda ketahui.

Advertisement

Personal Branding di Dunia Kerja

Personal branding yang dibangun secara tepat bisa membuka dan memperluas koneksi dengan orang lain. Tentunya, koneksi tersebut dapat bermanfaat dalam hal pekerjaan.

Percaya diri sangat penting dimiliki di dunia kerja karena hal tersebut bisa berdampak positif dalam hal integritas dan loyalitas di pekerjaan.

Personal branding yang baik dalam dunia kerja juga bisa menjadi pembeda dari orang lain. Anda akan dikenal menonjol dan memiliki kemampuan jauh lebih baik dari individu lain dalam lingkungan kerja. Hal ini akan memberikan kesan positif di orang lain.

Advertisement

Di era serba digital dengan tingkat kompetisi yang tinggi, personal branding yang kuat dapat membuka peluang baru dalam karier yang dibangun.

Untuk membangun personal branding dalam dunia kerja, ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan terlebih dahulu. Dengan tujuan yang jelas, personal branding yang dibangun juga tepat sasaran.
  2. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan riset. Personal branding yang dibangun tanpa strategi yang matang akan kalah bersaing dengan individu yang lain. Maka dari itu, riset sangat penting untuk melihat citra diri Anda di hadapan publik. Untuk melakukan riset ini, Anda bisa menggunakan layanan dari Solopos Media Group untuk mengetahui personal branding di dunia digital.
  3. Di tahap ketiga, Anda bisa membangun karakter sesuai tujuan yang dibuat. Karakter bisa dibuat secara serius, santai, lucu, maupun berwibawa.
  4. Tahapan selanjutnya adalah mengetahui target audiens. Anda harus bisa mengidentifikasi audiens, termasuk minat dan preferensi mereka di media sosial. Untuk mengetahui minat mereka, Anda bisa menggunakan layanan riset dari Solopos Institute, salah satu lini bisnis dari Solopos Media Group.
  5. Terakhir, untuk membangun personal branding dalam dunia kerja juga diperlukan publikasi yang maksimal, sesuai dengan citra diri yang Anda bangun. Publikasi ini bisa terwadahi di media sosial maupun media massa. Nah, Solopos Media Group mempunyai layanan personal branding yang bisa membangun citra diri sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga melakukan publikasi tentang kegiatan, profesi, maupun kemampuan Anda di Solopos Media Group. Untuk mendapatkan layanan tersebut, Anda bisa menghubungi nomor berikut. https://wa.me/6281221111835.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif