Tol Solo-Ngawi segera Disambung Sampai Kediri

Presiden Jokowi saat meresmikan tol Ngawi-Kertosono di Madiun, Kamis (29/3 - 2018). (Solopos/Abdul Jalil)
04 Juni 2018 04:30 WIB Yanita Petriella Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- PT Jasamarga Ngawi - Kertosono - Kediri akan memperpanjang ruas tol Wilangan -- Kertosono menuju ke Kediri. Rencana pembangunan ruas Kertosono (Nganjuk) -- Kediri akan dilakukan konstruks pada awal tahun depan.

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi-Kertosono - Kediri Iwan Moedyarno mengatakan pihaknya mendapatkan mandat perpanjang ruas dari Nganjuk hingga Kediri sepanjang 24 kilometer. "Ada cabang sekitar Tanjung Anom di sekitar Nganjuk. Nanti (ruas) ke arah selatan 23-24 km sampai Kediri. Saat ini prosesnya tengah konsultasi Amdal di dua provinsi," ujarnya, akhir pekan lalu.

Setelah melakukan konsultasi Amdal, dilanjutkan dengan proses usulan penetapan lokasi (penlok) ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. "Semoga Agustus turun persetujuan, September bisa kelar lalu dilanjutkan pengadaan tanah dan proses konstruksi," ucapnya.

Iwan menuturkan ruas tol Kertosono -- Kediri ini merupakan ruas sambungan dari Solo - Kertosono. Pembangunan proyek tol di Kediri untuk membuka akses jalan wilayah selatan Jawa Timur. Pembangunan ruas tol ini diperkirakan nilai investasinya sekitar Rp3,7 triliun.

Sementara itu, untuk ruas Wilangan - Kertosono 37,5 kilometer saat ini masih dalam proses penyelesaian konstruksi yang saat ini mencapai 68% dan pembebasan lahan telah mencapai 99%.

"Akhir tahun ini diperkirakan akan selesai ruas tol Wilangan -- Kertosono akan selesai akhir tahun ini. Ini ruas memang dikerjakan pemerintah tapi nanti yang mengoperasikan BUJT," tuturnya.

Ruas Wilangan - Kertosono ini merupakan rangkaian dari ruas Ngawi - Kertosono sepanjang 87 kilometer. Ruas Ngawi -- Wilangan sendiri sepanjang 49,5 kilometer telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2018 lalu.