Keren! Jelang Lebaran 2018, Dishub Solo & Indaco Pasang 110 Rambu

Petugas Dishub Solo memasang RPPJ di pertigaan Faroka Jl. Slamet Riyadi, Jajar, Laweyan, Sabtu (2/6 - 2018). (Solopos/M. Ismail)
02 Juni 2018 19:41 WIB Muhammad Ismail Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Solo memasang sebanyak 110 Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ) khusus angkutan Lebaran di sejumlah lokasi strategis di Kota Bengawa, Sabtu (2/6/2018) siang. Pemasangan RPPJ tersebut Dishub bekerjasama dengan PT Indaco Warna Dunia.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, mengungkapkan pemasangan RPPJ di Solo mulai dilaksanakan pada H-13 Lebaran.

Tokopedia

Pemasangan RPPJ tersebut bertujuan untuk membantu memberikan panduan kepada pengguna jalan saat arus mudik dan balik Lebaran.

“RPPJ yang dipasang berukuran 2 meter x 1 meter. Penentuan lokasi pemasangan RPPJ berdasarkan hasil survei di lapangan oleh tim Dishub. Kami tidak menargetkan pemasangan RPPJ selesai pekan depan,” kata dia.

Pemasangan RPPJ, lanjut dia, berada di jalan nasional, provinsi, dan Pemkot Solo. Disetiap RPPJ yang dipasang diberikan informasi berisikan nomor aduan dan media sosial (medsos) milik Dishub Solo.

Hal tersebut sangat penting agar pengguna jalan yang menemukan jalan macet, kecelakaan lalu lintas (lakalantas), dan lainnya bisa dilaporkan ke nomor aduan.

Ia menjelaskan jumlah RPPJ tahun ini bertambah dibandingkan tahun lalu yakni sebanyak 105 rambu. Penambahan lima RPPJ baru ini dipasang di kawasan Kota Barat Jl. dr. Moewardi yang merupakan lokasi pembangunan flyover Manahan.

RPPJ tahun ini pemasangannya semi permanen. Sementara tahun sebelumnya pemasangannya hanya ditempelkan di pohon menggunakan paku.

“Tahun lalu belum ada pembangunan flyover Manahan sehingga tidak perlu dipasang RPPJ. Kami juga memasang RPPJ baru di Jl. Slamet Riyadi dan Jl. Radjiman,” kata dia.

Dishub Solo, lanjut dia, dalam memasang RPPJ di kawasan Solo Utara diberi informasi arah menuju jalan tol Solo-Kertosono. Pengguna jalan bisa langsung menuju ke jalan tol dengan mudah setelah membaca petunjuk arah jalan dari RPPJ.

Manajer Komersial PT Indaco Warna Dunia, Dwi Susetyo, mengungkapkan PT Indaco Warna Dunia tahun ini bekerjasama dengan Dishub di Soloraya untuk memasang RPPJ khusus Lebaran. Jumlah total RPPJ yang disiapkan sebanyak 128 lokasi.

“Sebanyak 128 lokasi RPPJ tersebut dipasang di lokasi stategis seperti perempatan, pertigaan, dan lainnya di Soloraya. Kerja sama Dishub Solo dan PT Indaco Warna Dunia dalam pemasangan RPPJ merupakan yang ketiga ini. Kami berharap dengan kerjasama ini brand image perusahaan bisa lebih dikenal masyarakat,” kata Dwi kepada Solopos.com, Sabtu.