Selo Boyolali Diguyur Hujan Abu Gunung Merapi

Abu vulkanis Gunung Merapi di Selo (Istimewa).jpeg
01 Juni 2018 10:43 WIB Septina Arifiani Nasional Share :

Solopos.com, BOYOLALI – Meletusnya Gunung Merapi pada Jumat (1/6/2018), pukul 08.20 WIB, menyebabkan hujan abu di beberapa wilayah Boyolali. Di Desa Lencoh, Selo, Boyolali, terpantau hujan abu cukup pekat.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, menyebutkan BPBD saat ini fokus membagikan masker kepada warga dan pengguna jalan di Kecamatan Selo.

“Distribusi masker sepanjang jalan untuk warga, pengguna jalan di Kecamatan Selo. Saat ini menuju Stabelan dan Klakah, Merapi terlihat bersih. Abu tebal di wilayah Lencoh,” kata Kurniawan Fajar.

Hujan abu juga terjadi di Desa Klakah, Kecamatan Selo. Berdasarkan foto yang diperoleh di Solopos.com dari Bayan Klakah, Slamet, terlihat abu cukup tebal menutupi jalan dan atap rumah warga.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) lewat akun Twitter, @BPPTKG sebelumnya menyebutkan Gunung Merapi pagi ini meletus selama dua menit. Tinggi asap mencapai 7000 meter ke arah barat laut.

"8.27 Update terjadi letusan di #merapi pagi ini jam 08.20 WIB durasi 2 menit, tinggi kolom 6000 m arah Barat Laut teramati dari PGM Jrakah," kicau BPPTG.