Pakai Pakaian Adat, Jokowi Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila

Presiden Jokowi (Setkab.go.id)
01 Juni 2018 09:40 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Sabtu (1/6/2018). Jokowi tiba di halaman gedung yang berlokasi di Jalan Pejambon, No. 6 pada sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebagaimana dilansir Antara, Jumat (1/6/2018), sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga tinggi negara juga hadir dalam upacara sejak pukul 07.00 WIB. Para pejabat mengenakan pakaian tradisional dari sejumlah suku di Indonesia.

Tokopedia

Dalam acara itu, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat khas Solo, Jawa Tengah berupa beskap hitam lengkap dengan blangkon.

Rumusan Pancasila pada awalnya dikemukakan oleh Presiden Pertama RI Soekarno dalam pidatonya di Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 1 Juni 1945.

Presiden Jokowi telah menetapkan tanggal tersebut sebagai hari lahir dasar dan ideologi negara, Pancasila. Hal itu ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Implementasi nilai-nilai Pancasila memerlukan pembinaan ideologi melalui program yang disusun dengan terencana, dan terpadu agar menjadi panduan bagi seluruh komponen bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Presiden melalui Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 telah memutuskan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Sumber : Antara