Penggagas Posko Pemenangan Jokowi 2014 Dirikan Format Prabowo di Solo

Waketum Partai Gerindra, Fadli Zon, menghadiri peresmian posko pemenangan Prabowo di Solo, Selasa (22/5 - 2018) malam. (Solopos/Nicolaus Irawan)
23 Mei 2018 14:15 WIB Irawan Sapto Adhi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Masyarakat pendukung Prabowo Subianto meresmikan Pos Komando (Posko) Forum Amanat Rakyat (Format) Prabowo Subianto For President Republik Indonesia (RI) 2019-2024 di Kota Solo, Selasa (22/5/2018) sore.

Posko pemenangan Prabowo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tersebut terletak di Jl. Yosodipiro No. 83, Kelurahan Timuran, Banjarsari. Ketua Umun Posko Format, Eko Sriyanto "Galgendu", menyebut Posko Format di Kota Solo menjadi posko pertama yang diresmikan untuk tujuan pemenangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

"Ini merupakan posko pertama yang didirikan, dimulai, dibentuk dari Kota Solo. Posko ini gabungan dari Partai Gerindra, organisasi sayap Partai Gerindra, para sukarelawan, organisasi kemasyarakatan, tokoh lintas agama, lintas kepercayaan, budayawan, seniman, purnawirawan, hingga mahasiswa," kata Sriyanto kepada wartawan, Selasa.

Sriyanto menjelaskan alasan posko Format pertama diresmikan di Solo, karena dirinya sebagai penggagas juga berasal dari Solo. Selain itu, dia berkeyakinan yang mampu mengalahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 tidak lain adalah warga Solo juga.

"Suatu konsep, kebetulan ketua Posko Format orang Solo. Konsepnya, yang bisa mengalahkan orang Solo ya orang Solo sendiri," tutur Eko.

Eko Sriyanto adalah orang yang menginisiasi pembentukan posko pemenangan Jokowi pada Pilpres 2014 lalu. Eko membeberkan alasan dirinya beralih pilihan mendukung Prabowo dalam Pilpres 2019, yakni karena ada masalah pribadi dengan Jokowi.

"Saya adalah orang yang membentuk posko Pak Jokowi di Kalimantan, Bali, Sumatra, Sulawesi, Bengkulu, untuk kali pertama. Tetapi mungkin setelah Pak Jokowi menjadi presiden, beliau tidak begitu menyukai karakter dan watak saya yang membantu tanpa disuruh, yang memberi tanpa diminta, yang kritis terhadap ketidakbenaran," ujar Eko.

Eko menuturkan kini lebih memilih mendukung Prabowo karena diberi tempat dan kehormatan oleh para jendral yang mendukung Prabowo maju dalam Pilpres 2019. Ditanya alasan lain, dia menyebut karena Prabowo orang yang peka terhadap lingkungan, punya jiwa yang besar untuk menyantuni, peduli kepada siapa pun, dan berani.

"Saya kini mendukung Prabowo karena yang memberikan tempat ke saya adalah para jendral, yang memberikan kehormatan saya adalah para jendra, dan saya mestinya medukung orang yang percaya saya," tutur Eko.

Posko Format Prabowo di Solo diresmikan Waketum Gerindra Fadli Zon dengan prosesi penyerahan Titah Keris Pusaka. Fadli Zon mengapresiasi masyarakat yang berinisiatif membentuk posko pemenangan Prabowo dalam Pilpres 2019.

Dia menampik posko yang berada di daerah asal Presiden Jokowi tersebut merupakan inisiatif petinggi Partai Gerindra. Fadli Zon memastikan pendirian posko adalah inisiatif dari bawah.

Pengurus pusat Gerindra datang ke posko untuk memberikan apresiasi saja. Dia berharap dengan adanya posko itu, dukungan suara kepada Prabowo berkembang.

"Saya kira ini satu posko pertama mungkin yang berdiri, makanya saya hadir, diundang Pak Eko Galgendu. Kami harapkan posko ini bisa menjadi tempat untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus menyampaikan visi misi Pak Prabowo," tutur Fadli Zon.

Saat memberikan sambutan, Fadli Zon terus mempromosikan Prabowo sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019. Sedikitnya 300 sukarelawan pendukung Prabowo hadir dalam peresmian Posko Format.