Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 16 Mei 1812, Perang Rusia-Turki Berakhir

Lukisan yang menggambarkan armada kapal Rusia dalam Perang Rusia/Turki karya Alexey Bogolyubov. (Wikimedia.org)
16 Mei 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO - Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 16 Mei. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 16 Mei adalah berakhirnya Perang Rusia-Turki.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Mei.

Tokopedia

1812
Perang Rusia-Turki yang melibatkan Kekaisaran Rusia dan Kesultanan Ottoman resmi dari 1806 berakhir dengan penandatanganan Traktat Bucharest. Dari Traktat tersebut, Kesultanan Ottoman bersedia memberikan kawasan Bessarabia kepada Kekaisaran Rusia.

1916
Kerajaan Inggris dan Republik Prancis menandatangani perjanjian rahasia bernama Perjanjian Sykes-Picot. Perjanjiian ini secara efektif membelah daerah-daerah bekas kekuasaan Kesultanan Ottoman menjadi daerah kekuasaan Inggris dan Prancis.

1926
Mantan pemimpin Kesultanan Ottoman, Mehmed VI, meninggal dunia pada usia 65 tahun di Sanremo Italia. Mehmed VI adalah pemimpin terakhir Kesultanan yang menjabat sejak 1918 hingga keruntuhan Kesultanan Ottoman pada 1922.

1929
Ajang Academy Awards atau juga kerap disebut Piala Oscar untuk kali pertama diselenggarakan. Academy Awards pertama itu digelar di Hotel Hollywood Roosevelt, Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS).

1943
Pemberontakan orang-orang Yahudi di Warsawa, Polandia berakhir. Tentara Jerman menggunakan tank dan kendaraan lapis baja lainnya demi meredam pemberontakan yang berlangsung berhari-hari itu.

1974
Pesawat tempur milik Israel mengebom daerah pengungsian warga Palestina di Lebanon. Serangan tersebut menewaskan 27 orang dan melukai 138 lainnya.

1974
Josip Broz Tito dinobatkan menjadi presiden semur hidup di Yugoslavia, Tito sebelumnya telah menjabat sebagai presiden Yugoslavia selama kurang lebih 21 tahun. Masa jabatan seumur hidup itu ia jalani hingga akhir hayatnya pada 1980.

1976
Bentorkan antara umat muslim dan kristiani meletus di Lebanon. Pada bentrokan itu, kedua kubu menggunakan roket artileri sebagai senjata utama. Pertempuran tersebut mengakibatkan sedikitnya 220 orang tewas dan memicu krisis pangan yang semakin parah.

1975
India menganeksasi kawasan Sikkim di daerah Pegunungan Himalaya. Aneksasi itu terjadi setelah warga Sikkim, melalui sebuah pemungutan suara, menyatakan keinginan mereka bergabung dengan India.

1986
Megan Denise Fox lahir di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai aktris ternama yang pernah membintangi sejumlah film. Nama Megan Fox makin mencuat setelah dirinya bermain sebagai Mikaela Banes dalam film Transfomrmers.

Kolom 16 hours ago

Kiri Zaman Kini