Besok, KA Solo Ekspress Mulai Beroperasi di Rute Solo-Kutoarjo

Trainset KRD untuk Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo di PT Inka Kota Madiun, Selasa (8/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
16 Mei 2018 19:15 WIB Hijriyah Al Wakhidah Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Setelah sempat tertunda sepekan, kereta api (KA) Solo Ekspress akhirnya dioperasikan di rute Solo-Kutoarjo mulai Kamis (16/5/2018).

Layanan KA Solo Ekspress memanfaatkan dua kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang baru saja didatangkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dari PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun untuk operasional kereta Bandara Adi Soemarmo Solo.

Namun, lantaran jalur rel kereta bandara masih dalam proses pembangunan, PT KAI memanfaatkan dua kereta tersebut untuk melayani rute Prambanan Ekspress (Prameks), Stasiun Solo Balapan-Kutoarjo.

KA Solo Ekspress sedianya dioperasikan mulai Jumat  (11/5/2018) pekan lalu. Namun, dengan alasan masih perlu uji coba, PT KAI menunda operasional tersebut.

Meskipun tertunda, PT KAI tetap melaksanakan seluruh program yang direncanakan sebelumnya, salah satunya tiket gratis bagi penumpang KA Solo Ekspress.

“Nah, menariknya kalau dulu rencana kami tiket gratis ini hanya berlaku tiga hari, untuk kali ini kami memutuskan untuk program tiket gratis berjalan selama empat hari, Kamis hingga Minggu [20/5/2018],” kata Marcomm Manager PT KAI Daop VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada Solopos.com, Rabu (16/5/2018).

Untuk tiket gratis ini, PT KAI membatasi kapasitas hanya 200 penumpang sekali jalan sesuai jumlah kursi dalam kereta yang terdiri empat rangkaian gerbong tersebut. Eko menginformasikan sesuai jadwal yang sudah disusun PT KAI, KA Solo Ekspress akan melayani dua kali perjalanan Solo Balapan-Kutoarjo setiap hari.

“Ke depan, perjalanan akan ditambah jika satu rangkaian KRDE lainnya sudah siap dioperasikan.”

Untuk perjalanan pertama dari Solo Balapan pukul 08.40 WIB dan tiba di Kutoarjo pukul 10.44 WIB. Kemudian, perjalanan pertama dari Kutoarjo pukul 11.15 WIB dan tiba di Balapan pukul 13.19 WIB.

Perjalanan kedua, KA akan bertolak dari Solo Balapan pukul 15.40 WIB dan tiba di Kutoarjo pukul 17.47 WIB, dilanjutkan perjalanan terakhir dari Kutoarjo pukul 18.25 WIB dan tiba di Solo Balapan pukul 20.38 WIB.

Masyarakat yang ingin menikmati layanan KA Solo Ekspress bisa mengakses tiket di stasiun-stasiun pemberhentian KA Solo Ekspress sesuai jadwal yang sudah disusun PT KAI, yakni Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan, Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Kutoarjo.

Selama kurang lebih dua jam perjalanan Solo-Kutoarjo, penumpang dapat menikmati fasilitas yang selama ini tidak tersedia di kereta Prameks biasanya, seperti pendingin udara, TV, stopkontak untuk isi ulang baterai ponsel, dan toilet.

Kereta ini juga mengakomodasi kepentingan penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area bagi penumpang berkursi roda. Seorang warga Jebres, Nurul, sangat antusias dengan rencana operasional KA Solo Ekspress.

“Saya sebenarnya ingin bisa jalan-jalan gratis pakai kereta tersebut, bahkan sejak rencana operasional pertama pekan lalu, yang kemudian batal, tapi sepertinya bakalan antre dan peminatnya akan banyak sekali,” kata Nurul.

Jika tak berkesempatan mendapatkan tiket gratis yang kuotanya hanya 200 orang untuk sekali perjalanan, Nurul bakal mengalokasikan waktu untuk bisa jalan-jalan dengan kereta tersebut meski dengan tarif lebih mahal dibandingkan Prameks.

Seperti diketahui, tiket KA Solo Ekspress berlaku secara parsial yakni Solo-Jogja senilai Rp30.000/penumpang dan Solo-Kutoarjo Rp40.000/penumpang. Harga tiket KA Solo Ekspress lebih mahal dibandingkan tarif KA Prameks karena pemerintah belum mengalokasikan anggaran subsidi untuk KA tersebut sehingga tarif yang berlaku bukan tarif subsidi.

"Jadi tarifnya beda dengan Prameks karena Prameks sudah dengan subsidi pemerintah jadi tarifnya hanya Rp8.000/penumpang," kata Eko.