Polri: Pelaku Teror di Mapolda Riau Kelompok NII

Dua jenazah pelaku penyerangan tergeletak di jalan pintu masuk Polda Riau di Pekanbaru, Riau, Jumat (16/5 - 2018). (Antara)
16 Mei 2018 16:35 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Polri mengungkapkan kelompok di balik teror terhadap Mapolda Riau, Rabu (16/5/2018) pagi, oleh 4 orang tak dikenal. Pelaku serangan itu diketahui terkait dengan orang yang ditangkap di Sumatra Selatan dan sempat mendatangi Mako Brimob setelah kerusuhan di rutan pekan lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto dalam konferensi pers di Mabes Polri, Rabu sore. Menurutnya, polisi telah mengetahui pergerakan orang-orang tersebut pascakerusuhan di Rutan Salemba cabang Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

"Bahwa kelompok ini adalah Negara Islam Indonesia [NII] yang berafiliasi dengan ISIS Dumai. Demikian," Setyo dalam pernyataan resmi yang ditayangkan live oleh Kompas TV.

Menurut Setyo, kelompok penyerang Mapolda Riau ini terkait dengan dua orang yang ditangkap polisi di Sumatra Selatan pada Selasa (15/5/2018) lalu. Polisi telah mendeteksi kedua orang tersebut bersama empat orang yang terlibat penyerangan hari ini.

"Ada kaitannya. Ingat yang saya sampaikan kemarin ada 2 orang dari sumsel yang ditangkap? Nah, [selain mereka ada] 4 dari Riau, mereka datang ke Mako Brimob [pasca kerusuhan rutan]. Tapi karena sudah kondusif, mereka pulang. Dua pulang ke Sumsel dan sudah ditangkap, yang ini 4 orang ke Pekanbaru dan melakukan serangan, kita patahkan," jelas Setyo tentang kaitan kelompok ini.

Mengenai keterkaitan dengan kelompok Jamaah Anshorud Daulah (JAD) yang disebut-sebut menjadi pelaku rangkaian teror di Surabaya awal pekan ini, polisi masih menyelidiki. Namun, kedua kelompok ini memiliki arah koordinasi yang sama, yaitu kepemimpinan Abu Bakar Al Baghdadi atau pemimpin ISIS.

Berikut identitas dari empat orang pelaku serangan terhadap Mapolda Riau yang tewas saat beraksi, Rabu pagi:

1. Mursalim alias Ical alias Pak Ngah, 42. Alamat Jl. Raya Dumai-Sei Pakning Jl. Santri Assakinah, Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Dumai.

2. Suwardi, 28. Alamat Jl. Raya Lubuk Gaung RT 003 Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sei Sembilan, Dumai.

3. Adi Sufyan, 26, wiraswasta. Alamat Jl. Pendowo Gang Mekar RT 006 Kelurahan Bukit Batrem I, Kecamatan Dumai Timur, Dumai.

4. Daud, belum teridentifikasi oleh polisi.

Tokopedia