Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 14 Mei 1940, Belanda Menyerah kepada Jerman

Kota Rotterdam, Belanda yang hancur dibombardir pasukan Jerman, Mei 1940. (Wikimedia.org)
14 Mei 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 14 Mei. Menyerahnya Belanda kepada Jerman adalah salah satu peristiwa yang terjadi pada 14 Mei.

Demi mengenangnya, Semarangpos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 14 Mei, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1787
Bangsawan Kerajaan Banjar sekaligus kakek Pangeran Antasari, Pangeran Amir bin Sultan Kuning, ditangkap tentara Belanda. Ia ditangkap karena telah melakukan perlawan bersama 3.00 pengikutnya terhadap Belanda. Pangeran Amir lantas diasingkan ke Sri Lanka.

1931
Pemimpin gerakan nasionalis di India, Mahatma Gandhi, menyatakan bersedia untuk bertolak ke London, Inggris, demi melakukan perundingan dengan pemerintah Inggris. Gandhi menyatakan akan membahas kemerdekaan India bersama dengan Inggris dan meminta Inggris untuk segera angkat kaki dari India.

1931
Tentara Swedia menembaki para pekerja yang berunjuk rasa di Kota Adalen dan menewaskan lima orang tak bersenjata. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Penembakan Adalen.

1939
Seorang gadis di Kota Lima, Peru bernama Lina Marcela Medina de Jurado diklaim sebagai ibu termuda di dunia. Lina diklaim telah mampu melahirkan seorang bayi saat usianya baru lima tahun.

1940
Pertempuran Belanda antara pasukan Belanda dan pasukan Jerman berakhir setelah pasukan Belanda menyerah kepada tentara Jerman yang melakukan pengepungan selama beberapa hari. Belanda lantas mendirikan pemerintahan darurat di London, Inggris.

1943
Kapal selam milik Jepang berhasil menenggalamkan kapal milik Inggris, AHS Centaur, di perairan dekat Queensland, Australia. Peristiwa itu terjadi dalam konflik perebutan wilayah Australia antara pihak Jepang dan Sekutu.

1948
Israel mendeklarasikan kemerdekaannya setelah invasi Inggris di kawasan Palestina berakhir. Perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan itu telah dilakukan bangsa Israel selama kurang lebih 2.000 tahun.

1955
Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Ceko, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, dan Rumania menandatangani Pakta Warsawa di Warsawa, Polandia. Pakta Warsawa dibentuk untuk menandingi Pakta Pertahanan Atlantik Utara menyusul Perang Dingin yang makin memanas.

1962
Presiden Pertama Indonesia Soekarno lolos dari upaya percobaan bunuh diri yang dilakukan anggota organisasi DI/TII. Peristiwa itu berlangsung di Istana Negara saat Soekarno melaksanakan Salat Iduladha. Wakil Ketua DPR Zainul Arifin justru menjadi orang yang terkena peluru yang sebenarnya ditujukan kepada Soekarno.