Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 13 Mei 1969, Kerusuhan Tionghoa-Melayu Meletus di Malaysia

Polisi anti/huru/hara berusaha meredam Kersuhan 13 Mei di Kuala Lumpur, Malaysia. (Wikimedia.org)
13 Mei 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO - Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 13 Mei. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 13 Mei adalah meletusnya kerusuhan antara Tionghoa dan Melayu meletus di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 13 Mei.

1939
Pemimpin Italia Benito Mussolini bertemu dengan Pemimpin Jerman Adolf Hitler untuk membicarakan rencana kunjungan ke kawasan perbatasan Prancis. Mussolini berencana akan menyerukan pidato anti-Prancis demi merebut hati rakyat Prancis yang ada di wilayah perbatasan.

1940
Tentara melintasi Sungai Meuse di Prancis untuk menaklukkan Prancis. Peristiwa itu membuat pihak Sekutu geram sampai-sampai Perdana Menteri Inggris Winston Churchill melontarkan pernyataan akan menyerahkan seluruh jiwa dan raganya demi memenangkan Sekutu dalam Perang Dunia II.

1940
Dengan gentingnya situasi pada masa Perang Dunia II, Ratu Belanda Wilhelmina tiba di Inggris untuk mengungsi. Ia mengungsi ke Inggris setelah pasukan Jerman menginvasi dan melakukan serangan besar-besaran ke Belanda.

1943
Pasukan Jerman dan pasukan Italia di wilayah Afrika Utara menyerah kepada Sekutu. Hal itu kemudian membuat kekuasaan Italia di Libya lepas dan memicu pasukan Sekutu menginvasi wilayah Sisilia, Italia.

1950
Ajang balap mobil Formula 1 untuk kali pertama digelar di sirkuit Silverstone, Inggris. Ajang Formula 1 pertama itu berhasil dimenangi Giuseppe Farina, pembalap asal Italia yang mengemudikan mobil Alfa Romeo.

1969
Kerusuhan rasial antara etnis Tionghoa dan orang Melayu meletus di Kuala Lumpur, Malaysia. Tragedi yang lantas dikenang dengan sebutan Insiden 13 Mei tersebut menewaskan sedikitnya 184 orang.

1981
Paus Yohanes Paulus II ditembak oleh pria berkebangsaan Turki, Mehmet Ali Agca, di Lapangan Santo Petrus, Vatikan. Beruntung, penembakan itu tak sampai membunuh sang paus. Mehmet lantas menjalani hukuman kurungan penjara selama 19 tahun di Italia dan 10 tahun di Turki atas perbuatannya itu.

1988
Pasukan Irak mengebom dua kapal tanker milik Iran di perairan sebelah selatan Iran. Kedua kapal yang dihancurkan pasukan Irak tersebut adalah kapal tanker terbesar di dunia pada saat itu. Peristiwa tersebut adalah buntut dari konflik berkepanjangan antara Irak dan Iran.

1991
Francis Coquelin lahir di Laval, Prancis. Kini, namanya terkenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Arsenal, sejak 2008 hingga 2018. Pada awal 2018, Coquelin hengkang dari Arsenal dan berlabuh di salah satu klub di Spanyol, Valencia.

2000
Gudang penyimpanan kembang api di Enschede, Belanda terbakar. Lebih dari 170 ton kembang api meledak menewaskan lebih dari 20 orang, melukai sekitar 1.000 orang, dan menyebabkan sekitar 1.400 rumah terbakar.