Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 12 Mei 907, Runtuhnya Dinasti Tang di Tiongkok

Wilayah Kekuasaan Dinasti Tang (hijau). (Wikimedia.org)
12 Mei 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 12 Mei. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 12 Mei adalah runtuhnya Dinasti Tang di Tiongkok.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 12 Mei.

Tokopedia

907
Kekuasaan Dinasti Tang di Tiongkok yang sudah berlangsung hampir 300 tahun berakhir setelah Kaisar Ai Tang dipaksa turun dari takhtanya. Ai Tang dipaksa turun takhta oleh petinggi militernya, Zhu Wen.

1797
Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil menaklukkan Venesia dan mengakuisisi wilayah Venesia. Napoleon kemudian menguasai Venesia sekitar enam bulan sebelum menyerahkan kawasan tersebut kepada Austria pada 12 Oktober 1797.

1881
Tunisia Ottoman secara resmi menjadi wilayah protektorat Prancis. Sebelumnya, wilayah tersebut merupakan kekuasaan Ottoman sejak 1574.

1942
Pasukan Uni Soviet melancarkan serangan besar-besaran di kawasan Izium, sebalah timur Ukraina. Serangan tersebut bertujuan untuk mengusir tentara Jerman yang sangat sedikit di kawasan tersebut.

1943
Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill bertemu di Washington D.C, AS dalam Konferensi Trident. Dalam konferensi tersebut, AS dan Inggris membicarakan strategi untuk menginvasi kawasan Normandia.

1978
Kota Kolwezi di Kongo diduduki pasukan pemberontak. Pemerintah setempat lantas meminta bantuan pihak Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Belgia untuk meredam pemberontakan di Kongo.

1988
Marcelo Vieira da Silva Junior dilahirkan di Rio de Janeiro, Brasil. Kini, namanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang merumput bersama salah satu klub raksasa di Eropa, Real Madrid. Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2007 silam, pemain yang biasa dipasang sebagai bek kiri itu telah bermain sebanyak 318 kali dan telah mencetak 23 gol.

1998
Demonstrasi mahasiswa Universitas Trisakti yang mengkritik pemerintahan Orde Baru dan keruntuhan ekonomi akibat krisis finansial Asia 1997 di Jakarta, Indonesia berujung kerusuhan. Empat mahasiswa tewas dalam insiden yang lantas disebut Tragedi Trisakti itu. Tragedi tersebut kemudian memicu Kerusuhan Mei 1998 yang berujung mundurnya Presiden Soeharto.

2006
Gambar kartun yang dibuat kartunis Mana Neyestani dan dimuat di sebuah surat kabar di Iran menjadi sebuah kontroversi. Kartun tersebut dianggap telah menghina orang-orang Azerbaijan yang tinggal di Iran. Karena kartun tersebut, sempat terjadi kerusuhan besar-besaran di sejumlah daerah di Iran.

2008
Gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang wilayah, Sichuan, Tiongkok. Bencana tersebut menelan korban jiwa yang diperkirakan mencapai 14.866.

Kolom 16 hours ago

Kiri Zaman Kini