Pemilu Malaysia: Menang, Mahathir Jadi PM Tertua di Dunia

Mahathir Mohamad (tengah) bersama pendukungnya (Reuters/Lai Seng Sin)
10 Mei 2018 14:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, KUALA LUMPUR Mahathir Mohamad mencetak kemenangan bersejarah di pemilihan umum (pemilu) Malaysia 2018. Koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Mahathir Mohamad memenangkan 115 kursi parleman. Jumlah ini melebihi ambang batas 112 kursi yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan.

Dilansir BBC, Kamis (10/5/2018), kemenangan Mahathir Mohamad sekaligus mengakhiri dominasi Barisan Nasional yang telah memimpin Malaysia lebih dari 60 tahun. Kemenangan ini menggeser posisi mantan anak didiknya, Najib Razak, dari jabatan Perdana Menteri (PM) Malaysia.

Tokopedia

Pencapaian Koalisi Pakatan Harapan di pemilu Malaysia otomatis menjadikan Mahathir Mohamad menduduki posisi sebagai perdana menteri yang baru. Menariknya, dia merupakan perdana menteri tertua di dunia, karena bakal dilantik pada usia 92 tahun.

Warga Malaysia menyambut gembira kemenangan Mahathir Mohamad. Sementara Najib Razak dan pendukungnya mengaku telah menerima kekalahan. Elektabilitas Najib Razak menurun karena skandal korupsi miliaran dolar di 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).

Kemenangan di pemilu Malaysia membuat Mahathir sangat senang. Ini merupakan kali kedua dia menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri Malaysia. Mahathir Mohamad pernah menduduki posisi tersebut selama 22 tahun yakni pada 1981-2003.

"Kami tidak akan membalas dendam. Yang kami inginkan hanya memulihkan hukum," kata Mahathir Mohamad dalam konferensi pers setelah dinyatakan menang.

Kolom 16 hours ago

Kiri Zaman Kini