Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 10 Mei 1940, Inggris Duduki Islandia

Kapal milik Inggris HMS Berwick yang diikutsertakan menginvasi Islandia. (Wikimedia.org)
10 Mei 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO - Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 10 Mei. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 10 Mei adalah keberhasilan Inggris menduduki Islandia.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Mei.

70
Pasukan Kekaisaran Romawi di bawah pimpinan Pangeran Titus, putra Kaisar Vespasian, melancarkan serangan besar-besaran ke Yerusalem. Serangan tersebut dilakukan pasukan Kekaisaran Romawi demi merebut Yerusalem dari tangan orang-orang Yahudi. Serangan itu berlangsung hingga September di tahun yang sama dan berakhir dengan kemenangan pasukan Romawi.

1655
Pasukan Inggris pimpinan Laksamana William Penn dan Jenderal Robert Venables berhasil merebut Jamaika dari cengkeraman Spanyol. Sebelumnya, Jamaika diklaim sebagai wilayah kekuasaan Spanyol melalui Christopher Colombus.

1773
Parlemen Inggris mengesahkan Undang-Undang Teh. Undang-undang tersebut dibuat demi menyelamatkan perekonomian Inggris dari monopoli perdagangan teh yang dilakukan negara-negara di Amerika Utara.

1933
Buku yang beredar di Jerman dan dianggap bertentangan dengan pemerintahan Nazi Jerman mulai disita dan dibakar. Peristiwa itu disebut-sebut sebagai awal mula tindakan fasisme dari pemerintahan Nazi Jerman di Eropa.

1940
Winston Curchill menjadi pemimpin pemerintahan koalisi setelah Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain mengundurkan diri. Chamberlain mengundurkan diri setelah Jerman menyerang Belanda, Belgia, dan Luksemburg melalui udara dan darat. Sehari kemudian, Winston Chircill juga menggantikan Chamberlain sebagai perdana menteri Inggris.

1940
Pertempuran yang melibatkan Jerman dan Italia melawan pasukan Prancis dan sekutunya dimulai. Pertempuran yang disebut Pertempuran Prancis itu berlangsung lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan Jerman dan Italia.

1940
Pasukan Inggris mendarat di Islandia untuk menduduki negara tersebut. Tak butuh waktu lama dan perlawanan berarti, Inggris dengan mudah menduduki Islandia.

1941
Wakil pemimpin Jerman Adolf Hitler, Rudolf Hess, terjun ke Skotlandia dengan alasan membawa misi perdamaian. Ia lantas ditangkap oleh tentara Inggris dan ditahan hingga Perang Dunia II berakhir pada 1945. Setelah itu, Hess juga dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan kejahatan perang dan meninggal pada 1987.

1969
Dennis Bergkamp lahir di Amsterdam, Belanda. Ia kemudian dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang aktif hingga 2006. Bergkamp adalah tokoh yang dipuja bagi penggemar klub sepak bola asal Inggris, Arsenal, karena dedikasinya terhadap klub tersebut. Bergkamp membela Arsenal sejak 1995 hingga ia gantung sepatu pada 2006.

1994
Seorang pria bernama John Wayne Gacy dieksekusi mati di Illinois, Amerika Serikat setelah terbukri melakukan pembunuhan terhadap 33 pria dan anak lelaki yang ia perkosa antara tahun 1972 dan 1978. Atas rentetan tindakan kejinya, Gacy dijuluki sebagai The Killer Clown atau Badut Pembunuh.

Kolom 14 hours ago

Mengapa Ada Teror?