Mudik Lebaran 2018 Diminta Tak Pakai Sepeda Motor

Ilustrasi pemudik dengan sepeda motor. (Bisnis/Rachman)
10 Mei 2018 02:00 WIB Irawan Sapto Adhi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO--Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengajak masyarakat tidak lagi menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran 2018.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan keselamatan jiwa para pemudik akan semakin rawan jika tetap memanfaatkan sepeda motor untuk perjalanan menuju ke kampung halaman. Dia mengimbau masyarakat lebih baik memanfaatkan kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat, hingga kapal penumpang untuk aktivitas mudik Lebaran. Masyarakat disarankan bisa mulai mempersiapkan agenda mudik dari sekarang.

Tokopedia

“Penggunaan motor menjadi masalah bagi kami karena banyak kecelakaan. Dengan segala kerendahan hati, saya mengajak saudara-saudaara yuk jangan menaiki sepeda motor. Bahaya sekali apalagi sampai perjalanan 100 km, 200 km, 300 km. Itu [menyebabkan] lelah sehingga rawan kecelakaan,” kata Budi Karya saat ditemui Solopos.com di sela-sela menghadiri Jalan Sehat Himpuni bersama Masyarakat Solo di depan Rumah Dinas Loji Gandrung, Minggu (6/5/2018).

Sebagai solusinya, Kemenhub menawarkan kepada masyarakat untuk mengakses program mudik gratis yang bakal diadakan pemerintah. Kemenhub menyediakan 1.135 bus untuk program Mudik Gratis Lebaran 2018. Jumlah bus tersebut lebih banyak ketimbang pada program Mudik Gratis Lebaran 2017 yang hanya sekitar 900 bus. Menhub menyatakan pemerintah berkomitmen melayani pemudik lebih baik dan lebih indah daripada tahun sebelum-sebelumnya.

Dalam agenda mudik Lebaran 2018, Kemenhub bakal mengeluarkan surat edaran (SE) untuk Polres/Polresta dan Dinas Perhubungan (Dishub) kota/kabupaten se-Indonesia. Kemenhub meminta Polres dan Dishub memastikan kendaraan umum yang tak memiliki label ramp check dilarang beroperasi khususnya saat arus mudik dan balik Lebaran. Budi Karya mengimbau perusahaan yang mengoperasikan kendaraan umum untuk mulai mempersiapkan kendaraan dengan baik. Sementara Jajaran Polres dan Dishub diminta melakukan ramp check mulai sekarang.