Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 9 Mei 1653, Taj Mahal Rampung Dibangun

Taj Mahal. (Wikimedia.org)
09 Mei 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 9 Mei. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 9 Mei adalah selesainya pembangunan Taj Mahal di India.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Mei.

1653
Taj Mahal di Agra, Uttar Pradesh, India selesai dibangun setelah proses pembangunannya memakan waktu kurang lebih 11 tahun. Taj Mahal dibangun atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan dan dipergunakan sebagai makam istrinya. Pada 1983, Taj Mahal dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

1915
Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Prancis meletus di Artois, Prancis. Pertempuran di masa Perang Dunia I tersebut berlangsung selama enam hari. Pertempuran itu kemudian terhenti begitu saja lantaran ada pertempuran lain di Prancis yang membuat kedua kubu meninggalkan Artois.

1942
Kota Belgrade di Serbia menjadi kota pertama yang digunakan pasukan Jerman untuk melaksanakan pembantaian terhadap orang Yahudi. Pendudukan Jerman di kota tersebut berhasil dijalankan atas bantuan pengkhianat Serbia.

1942
Pembantaian terhadap orang Yahudi yang dilakukan pasukan Jerman di Ukraina dan Belarusia dimulai. Pasukan khusus milik Jerman mengeksekusi 588 warga Yahudi di kota Podolian, Ukraina. Ghetto Zoludek di Belarusia yang berdekatan dengan Ukraina juga dihancurkan dan semua penghuninya yang masih hidup dieksekusi mati.

1945
Pasukan Inggris merebut wilayah Kepulauan Chanel di Selat Inggris dari cengkeraman pasukan Jerman. Sebelumnya, kepulauan tersebut dikuasai Jerman sejak 1940.

1946
Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Raja Italia Vittorio Emanuele III turun dari taktanya dan digantikan putranya, Umberto II. Semasa menjabat sebagai raja, Vittorio Emanuele III dituding terlalu banyak bekerja sama dengan Benito Mussolini. Vittorio Emanuele III mengaku turun dari takhtanya atas kemauan sendiri dan tanpa adanya paksaan.

1955
Jerman Barat resmi bergabung dengan North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara. Keputusan Jerman Barat bergabung dengan NATO itu lantas memicu ketegangan yang semakin memanas dengan Jerman Timur.

1960
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) menyetujui untuk menggunakan pil sebagai alat kontrasepsi pencegah kehamilan. Keputusan itu diambil demi mencegah ledakan penduduk di AS. Kini, pil kontrasepsi tersebut diklaim telah digunakan lebih dari 100 juta wanita di seluruh dunia.

1992
Pasukan Armenia berhasil merebut Kota Shusha dari cengkeraman pasukan Azerbaijan dalam Perang Nagorno-Karabakh. Perang Nagorno-Karabakh adalah Perang yang melibatkan pasukan Armenia dan Azerbaijan yang berlangsung sejak 1988 hinggah 1994 dengan hasil kemenangan Armenia.

1994
Setelah memenangi pemilihan umum secara demokratis pertama di Afrika Selatan (Afsel), Neslon Mandela resmi dilantik sebagai presiden. Nelson adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden Afsel.