LSI: PBB Kurang Publikasi, PSI Tersandung Sunny Tanuwijaya

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
09 Mei 2018 06:30 WIB Samdysara Saragih Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak enam partai diprediksi tereliminasi dalam kontestasi Pemilu 2019 karena diperkirakan hanya meraih suara di bawah 1 persen. Demikian menurut hasil survei LSI Denny JA yang bertajuk Empat Divisi Partai Politik dan Efek Capres/Program yang dirilis hari ini, Selasa (8/5/2018).

Enam partai yang diidentifikasi akan meraih suara nol koma persen itu adalah Hanura, PSI, PBB, PKPI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya. Hanura diduga akan melemah karena isu perpecahan partai selain tidak terdengar programnya dan tidak terasosiasi kuat dengan calon presiden yang kuat.

Sementara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), sekalipun dianggap mampu mencuri perhatian publik, memiliki batu sandungan dengan blunder masuknya nama Sunny Tanuwijaya yang berpotensi ditinggal pemilih antikorupsi.

Demikian juga dengan Partai Bulan Bintang (PBB) yang diduga tidak cukup publikasi untuk menarik pemilih Islam yang menjadi programnya. Sedangkan PKPI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya hampir punya persepsi yang sama bagi pemilih, yaitu tidak terdengar kiprahnya.

Metode yang dilakukan dengan multistage random sampling dengan melibatkan sebanyak 1.200 responden itu dilengkapi dengan focused group discussion (FGD) dan analisis media serta indepth interview. Sedangkan margin of error dari survei itu +/- 2,9%.

Tokopedia