Tarif Kereta Bandara Adi Soemarmo, Solo-Jogja Rp30.000

Trainset KRD untuk Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo di PT Inka Kota Madiun, Selasa (8/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
09 Mei 2018 05:30 WIB Hijriyah Al Wakhidah Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI/Yogyakarta akhirnya mengoperasikan dua kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang baru saja dipesan dari PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun mulai Jumat (11/5/2018).

Dua rangkaian kereta yang sedianya dimanfaatkan untuk melayani rute kereta bandara, yakni Bandara Adi Soemarmo - Solo Balapan - Stasiun Tugu, akan dioperasikan terlebih dahulu untuk melayani rute Prambanan Ekspress (Prameks) Solo Balapan-Kutoarjo. Tiket KA yang diberi nama KA BIAS itupun direncanakan berlaku secara parsial yakni Solo-Jogja senilai Rp30.000/penumpang dan Solo-Kutoarjo Rp40.000/penumpang.

Harga tiket KA BIAS lebih mahal dibandingkan tarif KA Prameks karena KA BIAS dirancang dengan banyak keunggulan dibanding kereta yang selama ini melayani Prameks. Selain itu, pemerintah belum mengalokasikan anggaran subsidi untuk KA BIAS sehingga tarif yang berlaku bukan tarif subsidi.

"Jadi tarifnya beda dengan Prameks karena Prameks sudah dengan subsidi pemerintah, jadi tarifnya hanya Rp8.000/penumpang," kata Marcomm Manager PT KAI Daop VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada Solopos.com, Selasa (8/5/2018).

Menurut Eko, tarif Rp30.000 hingga Rp40.000 per penumpang bisa diterima pasar Solo-Jogja-Kutoarjo, terutama pengguna jasa yang menginginkan kenyamanan mobilitas alternatif selain bus. “KA ini adalah kereta mewah, lebih nyaman dan aman, bahkan kalau bisa jarak tempuhnya bisa lebih singkat.”

Selama ini, perjalanan KA Prameks Solo-Jogja rata-rata ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Dengan KRDE KA BIAS ini, perjalanan bisa lebih cepat, yaitu sekitar 40 menit saja. Namun waktu tempuh itu akan diatur lagi menyesuaikan dengan kondisi trek dan pengaturan lintasannya.

Dia menjelaskan PT KAI bakal meresmikan operasional dua rangkaian KA BIAS untuk rute Prameks sebelum melayani rute kereta bandara Jumat (11/5/2018) besok sekitar pukul 08.00 WIB.

Kolom 14 hours ago

Mengapa Ada Teror?