Masih Ingat Bocah Obesitas Arya Permana? Begini Kabarnya Sekarang

Arya Permana (Caters News Agency)
04 Mei 2018 15:00 WIB Septina Arifiani Nasional Share :

Solopos.com, KARAWANG – Masih ingatkah Anda dengan Arya Permana? Bocah asal Karawang pemegang rekor Muri sebagai anak dengan bobot tubuh terberat tersebut kini banyak mengalami perubahan hidup

Arya Permana, 12, berhasil memangkas 83 Kg setelah melakukan diet ketat didampingi para ahli medis. Pada April tahun lalu, dokter dan ahli diet memantau ketat perkembangan berat badan Arya.

Tokopedia

“Mereka mencegah saya mengonsumsi makanan dan minuman manis, terutama soft drink,” kata Arya kepada ABC seperti dilansir News.com.au, Jumat (4/5/2018).

“Mereka meminta saya untuk makan lebih banyak buah dan olahraga secara teratur,” lanjut Arya Permana.

Lebih lanjut, Arya Permana mengatakan berat badannya menurun drastis setelah menjalani operasi. Operasi tersebut membuatnya lebih cepat merasa kenyang dan makan lebih sedikit.

“Sekarang bahkan enam sendok makanan sudah membuat saya kenyang,” lanjut Arya Permana.

Usahanya pun tak sia-sia. Arya yang sebelumnya hanya bisa tiduran di rumah kini bisa bermain bersama teman-temannya.

Arya Permana lahir dengan berat normal yakni 3,1 kg. Namun, berat badannya terus meningkat saat usianya dua tahun. Seiring bertambahnya usia, orang tua Arya mulai khawatir dengan kebiasaan makan Arya yang berbeda dari orang kebanyakan. Bahkan sehari, Arya bisa makan hingga lima kali.

“Kami sangat senang melihat dia menjalani hidup dengan sehat. Dia sangat aktif dan sehat. Tidurnya nyenyak dan tidak ada kekhawatiran masalah pernapasan. Ia juga bisa berjalan dan bermain tanpa mengeluh sesak napas,” kata sang ayah, Ade Somantri, kepada The Sun.