Arab Saudi Sumbangkan Rp555 Miliar untuk Palestina

Perempuan Palestina ikut berperang melawan tentara Israel (Reuters/Mohammed Salem)
25 April 2018 16:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, RIYADH – Pemerintah Arab Saudi memberikan bantuan dana sebesar US$40 juta atau sekitar Rp555 miliar kepada rakyat Palestina. Dana bantuan ini diberikan sebagai bentuk dukungan Kerajaan Arab Saudi kepada Palestina. Dana tersebut diserahkan melalui Lembaga Dana Pembangunan Arab Saudi kepada Kementerian Keuangan Palestina.

"Bantuan ini berasal dari kas Kerajaan Arab Saudi yang dikumpulkan mulai Februari sampai Maret 2018," demikian pernyataan wakil Arab Saudi di Organisasi Liga Arab, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (25/4/2018).

Tokopedia

Pemerintah Arab Saudi berjanji akan mendukung perjuangan rakyat Palestina mendapatkan hak mereka yang dikuasai Israel. "Kerajaan Arab Saudi akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina baik melalui segi politik maupun ekonomi," sambung sumber yang sama.

Seperti diketahui, perseteruan antara Israel dan Palestina ini seolah tak ada akhirnya. Salah satu hal yang menjadi sengketa adalah status Kota Yerusalem. Kota Yerusalem yang merupakan situs suci bagi tiga agama, yakni Islam, Yahudi, dan Nasrani ini terus menjadi sengketa antara kedua negara.

Pihak Palestina mengklaim Yerusalem masuk di wilayah mereka. Namun, Israel yang tak mau mengalah justru menyebut Yerusalem sebagai milik mereka. Klaim ini diperkuat dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang berencana memindahkan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Keputusan Donald Trump yang kontroversial itu mendapat kecaman dari sejumlah negara, termasuk Arab Saudi. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, menegaskan dirinya mendukung Palestina. Pernyataan ini diungkapkan sebagai tanggapan atas dukungan sang putra mahkota, Pangeran Mohammed Bin Salman, yang bernada memberikan sinyal dukungan kepada Israel.

Kolom 16 hours ago

Kiri Zaman Kini