Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 15 April 1989, Tragedi Hillsborough Tewaskan 96 Suporter Liverpool

Foto dokumentasi Tragedi Hillsborough. (Wikimedia.org)
15 April 2018 00:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-105—hari ke-106 dalam tahun kabisat—sesuai sistem kalender Gregorian, 15 April. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 15 April adalah terjadinya tragedi yang menewaskan 96 suporter Liverpool yang kemudian dikenang dengan istilah Tragedi Hillsborough.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 15 April.

1632
Pasukan Swedia berjumlah 40.000 prajurit berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci berjumlah 25.000 tentara di dekat Rain, Bavaria, wilayah yang kini menjadi kekuasaan Jerman. Pada salah satu pertempuran dalam Perang 30 Tahun itu, sekitar 3.000 tentara Kekaisaran Romawi Suci tewas, sedangkan Swedia kehilangan sekitar 2.000 prajuritnya yang juga tewas.

1865
Sehari setelah ditembak John Wilkes Booth, Persiden Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln mengembuskan napas terakhirnya. Lincoln ditembak saat dirinya menonton pertunjukan teater di Washington D.C., Amerika Serikart (AS). Pembunuh Lincoln, John Wilkes Booth, adalah pemain sandiwara yang memiliki gangguan jiwa. Ia juga merupakan salah satu pendukung Konfederasi yang menentang diserahkannya tentara Konfederasi kepada pemerintah AS setelah berakhirnya Perang Saudara AS.

1936
Bangsa Arab di Palestina mulai melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Inggris yang menguasai negara tersebut. Bangsa Arab memberontak karena takut Palestina akan dikuasai Yahudi yang secara besar-besaran mulai masuk. Pemberontakan itu berkahir sekitar tiga tahun kemudian dengan kemenangan Inggris.

1940
Tentara Sekutu mendarat di Narvik, Norwegia dan menyerang tentara Jerman yang menduduki wilayah tersebut. Pasukan Jerman telah menduduki wilayah Narvik di Norwegia beberapa hari sebelumnya.

1941
Pasukan Angkatan Udara Jerman mulai membombardir Kota Belfast di Irlandia Utara. Serangan di masa Perang Dunia II tersebut diperkirakan menelan lebih dari 1.000 jiwa.

1945
Tentara Inggris berhasil merebut penampungan di Bergen-Belsen, sebelah barat daya Jerman dari tangan pasukan Jerman. Sekitar 53.000 tahanan ditemukan di penampungan tersebut dalam kondisi kelaparan serta ditemukan pula sekitar 13.000 mayat.

1952
Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) Boeing B-52 Stratofortress melakukan penerbangan pertamanya. Pesawat ini pernah digunakan Angkatan Udara AS dalam Perang Vietnam dan Perang Teluk.

1969
Pasukan Korea Utara (Korut) menembak jatuh pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Laut Jepang. Dalam peristiwa itu, seluruh penumpang yang berjumlah 31 orang tewas.

1989
Dalam pertandingan semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest, 96 penggemar klub Liverpool tewas akibat saling berdesakan di Stadion Hillsborough di Kota Sheffield, Inggris. Peristiwa tersebut lantas dikenang dengan nama Tragedi Hillsborough. Tragedi tersebut diperingati setiap tahunnya oleh pihak klub dan para suporter Liverpool.

1990
Emma Charlotte Duerre Watson dilahirkan di Paris, Prancis. Kini, namanya dikenal luas sebagai aktris serta model ternama. Nama watson mulai dikenal luas sejak memerankan tokoh Hermione Granger dalam film seri Harry Potter sejak berusia sembilan tahun.

Sumber : Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com