Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 14 April 1865, Presiden AS Abraham Lincoln Ditembak

Abraham Lincoln. (Biography.com)
14 April 2018 00:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 14 April. Pada 14 April 1865, Presiden AS Abraham Lincoln ditembak dan meninggal sehari kemudian.

Selain itu, masih banyak peristiwa lain yang terjadi pada 14 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 14 April.

70
Pasukan Kekaisaran Romawi dibawah pimpinan Titus mulai mengepung Kota Yerusalem untuk merebutnya dari tangan orang-orang Yahudi. Pertempuran antara pasukan Kekaisaran Romawi dan orang-orang Yahudi terjadi selama beberapa bulan. Pada akhir perang, pasukan Kekaisaran Romawi berhasil merebut Kota Yerusalem dari orang-orang Yahudi.

1865
Presiden ke-16 Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln ditembak oleh John Wilkes Booth ketika menonton pertunjukan di Teater Ford, Washington bersama istrinya. Sehari setelah penembakan itu terjadi, Lincoln meninggal dunia.

1909
Orang-orang Ottoman mulai membantai orang Armenia dan beberapa orang Yunani serta orang Asiria di Adana Vilayet, wilayah yang kini menjadi bagian dari Turki. Pembantaian tersebut menewaskan lebih dari 30.000 orang.

1912
Kapal RMS Titanic yang berangkat dari Inggris untuk menuju Amerika Serikat (AS) menabrak gunung es di Samudera Atlantik dekat Newfoundland, Kanada. Kapal tersebut lantas tenggelam beberapa jam kemudian. Peristiwa tragis itu menewaskan 1.514 penumpang beserta awak kapal dari total 2.224 orang.

1940
Pasukan Inggris mendarat di Namsos, Norwegia demi mengusir pasukan Jerman yang menginvasi Norwegia. Namun demikian, pasukan Inggris tak mampu menggagalkan upaya Jerman menguasai Norwegia. Pada 10 Juni 1940, Jerman berhasil Norwegia sehingga para pejabat pemerintahan dan anggota kerajaan Norwegia dievakuasi dari negara tersebut.

1941
Pasukan Jerman yang dipimpin Jenderal Erwin Rommel mulai mengepung Kota Tobruk, Libya demi merebutnya dari tangan Inggris dan sekutunya. Jenderal Erwin Rommel adalah pemimpin militer Jerman yang pernah dipuji Perdana Menteri Inggris Winston Churchill yang notabene adalah musuh bebuyutan Jerman. Meski pernah dipuji musuh karena kecerdasannya, pasukan Jerman yang ia pimpin gagal merebut Kota Tobruk dari Inggris.

1971
Yusufu Lule dilantik sebagai presiden Uganda. Lule dilantik sebagai presiden Uganda setelah presiden sebelumnya, Idi Amin, digulingkan dan diusir dari negara tersebut. Penggulingan Idi Amin itu didukung pihak militer negara tetangga, yakni Tanzania.

1988
Uni Soviet mulai menarik pasukannya dari Afganistan. Penarikan pasukan tersebut sekaligus mengakhiri invasi Uni Soviet ke Afganistan yang sudah berlangsung selama sembilan tahun.

1991
Untuk kali pertama, Georgia menyelenggarakan pemilihan presiden setelah resmi memisahkan diri dari Uni Soviet. Sebelumnya, Georgia menjadi bagian dari Uni Soviet sejak 1921.

2010
Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter mengguncang Yushu, Qinghai, Tiongkok. Bencana tersebut menyebabkan kurang lebih 2.700 orang meninggal dunia.

Sumber : Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com