Bonek Tewas, Polisi Solo & Bantul Kompak Bantah Ada Bentrok

Aksi Bonek saat mendukung Persebaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Jumali
14 April 2018 20:30 WIB Salsabila Annisa Azmi Nasional Share :

Solopos.com, BANTUL -- Penyebab tewasnya bonek atau suporter Persebaya Bonekmania di Solo seusai menonton pertandingan sepak bola antara Persebaya melawan PS Tira di Stadion Sultan Agung, Bantul, masih simpang siur. Kepolisian di Solo dan Bantul membantah ada penganiayaan yang berujung tewas di wilayah hukum masing-masing.

Di Bantul, Kapolsek Jetis, AKP S Parmin, mengatakan setelah kerusuhan terjadi di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, beberapa personel turut mengawal korban kerusuhan berupa penusukan yakni M Yasin ke RS Nur Hidayat Jogja. M Yasin selamat dan sudah dijemput pulang oleh keluarganya.

Setelah itu, personel Polda DIY berkoordinasi dengan Polres Bantul dan Polsek Jetis untuk mengawal sekitar 4.000 supporter bonek pulang ke Surabaya. "Kami beserta Polres terjunkan delapan truk untuk mengawal mereka pulang sampai ke perbatasan Solo-Prambanan," kata Parmin saat dihubungi Harianjogja.com, Sabtu (14/4/2018).

Parmin mengatakan pengawalan selesai pada pukul 22.00 WIB. Selama di perjalanan, Parmin mengatakan semuanya kondusif dan tidak ada penyerangan dari pihak mana pun. "Polda DIY menyatakan kondisi kemarin kondusif," kata Parmin.

Namun, pada Sabtu pagi, seorang Bonek berinisial M, 17 meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi, Jebres, Solo. Sementara itu, satu suporter Bonekmania yang belum diketahui identitasnya kritis masih dirawat di UGD RSUD dr. Moewardi, Jebres.

Sementara itu, Kapolsek Jebres Kompol Juliana B.R. Bangun mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, membenarkan adanya kejadian meninggalnya satu suporter Bonekmania. Informasi sementara mereka naik truk kembali ke Surabaya dari Jogja diserang warga saat berada di jalan kawasan Jogja.

Ia juga membantah kabar bentrok antara warga Solo dengan Bonek yang menyebabkan korban tewas. “Tidak ada bentrokan antara warga Solo dan suporter Bonek di Kota Bengawan. Kami melakukan pengawalan saat suporter menurunkan rekannya yang luka parah di depan RSUD dr. Moewardi,” kata dia.

Seperti diketahui, sebanyak 10.000 suporter Bonek datang ke Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, DIY untuk menyaksikan pertandingan Liga 1 Gojek antara PS Tira vs Persebaya. Skor akhir pertandingan 1-4 untuk kemenangan Persebaya.

Kolom 1 day ago

Budaya Ngiras