Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 13 April 1204, Kekaisaran Romawi Timur Dinyatakan Runtuh

Gambaran serangan Tentara Salib ke Konstantinopel, Kekaisaran Romawi Timur, 1204. (Wikimedia.org)
13 April 2018 00:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 13 April. Pada 13 April 1204, Kekaisaran Romawi Timur dinyatakan runtuh oleh Tentara Salib.

Selain itu, masih banyak peristiwa lain yang terjadi pada 13 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 13 April.

1111
Henry V dinobatkan sebagai pemimpin Kekaisaran Romawi menggantikan ayahnya, Henry IV, yang meninggal dunia. Ia merupakan kaisar terakhir dari Dinasiti Salian yang memimpin Kekaisaran Romawi.

1204
Tentara Salib yang berhasil menguasai Konstantinopel—kota yang kini dikenal sebagai Kota Istanbul di Turki— dari Kekaisaran Romawi Timur dalam Perang Salib IV, menyatakan Kekaisaran Romawi TImur telah runtuh. Meski demikian, Kekaisaran Romawi Timur mampu bangkit kembali beberapa tahun kemudian.

1943
Kuburan massal berisi jasad para tahanan perang asal Polandia yang dibunuh tentara Rusia ditemukan. Pihak Rusia membantah telah melakukan pembunuhan terhadap tahanan perang Polandia. Penemuan kuburan massal itu kemudian memicu ketegangan kedua negara tersebut.

1943
Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt meresmikan monumen yang dibangun di Washington D.C. untuk mengenang jasa Thomas Jefferson. Thomas Jefferson dikenal sebagai bapak pendiri bangsa sekaligus presiden ke-3 AS.

1945
Pasukan Jerman membunuh lebih dari 1.000 tahanan perang dan tahanan politik di Gardelegen, Jerman. Kini, peristiwa itu dikenang dengan istilah Pembantaian Gardelegen.

1945
Pasukan Uni Soviet dan pasukan Bulgaria berhasil merebut Kota Wina di Austria dari cengkeraman pasukan Jerman. Keberhasil itu diraih setelah pasukan Uni Soviet dan Bulgaria bertempur melawan pasukan Jerman yang dibantu pasukan Hungaria selama 10 hari.

1948
Konvoi yang membawa dokter, perawat, pelajar, dan tentara Inggris dari Rumah Sakit Hadassah di Yerusalem disergap pasukan Arab kala melintas di Gunung Scopus, Yerusalem. Dari penyergapan itu, sebanyak 79 orang terbunuh dan 20 orang mengalami luka ringan. Kini, peristiwa itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Konvoi Medis Hadassah.

1978
Carles Puyol Saforcada dilahirkan di La Pobla de Segur, Spanyol. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub raksasa di Eropa, Barcelona sejak 1999 hingga 2014. Sepanjang kariernya, Puyol hanya membela klub tersebut hingga dirinya menyatakan pensiun dari dunia sepak bola pada 2014.

1989
Tentara Israel melakukan serangan di sebuah desa di Tepi Barat. Serangan itu menewaskan enam warga Palestina. Israel beralasan melakukan serangan tersebut demi meredam perlawanan rakyat Palestina terhadap tentara Israel.

1992
Putri Anne Elizabeth Alice Louise, anak dari Ratu Inggris Elizabeth II, resmi bercerai dengan suaminya, Mark Phillips, yang menikahinya pada 1973. Sebelum resmi bercerai, Anne dan Mark sudah pisah ranjang selama kurang lebih dua tahun.

Sumber : Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com