Video 3D Kereta Bandara Solo, Dibikin Melayang!

Capture video animasi tampakan kereta bandara (Instagram)
13 April 2018 07:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Video animasi mengenai penampakan kereta bandara di Kota Solo beredar di media sosial (medsos). Beredarnya video itu terjadi tak lama setelah PT KAI mengumumkan train set kereta bandara siap tiba di Solo akhir bulan ini.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Kamis (12/4/2018), video tersebut diunggah di akun Instagram @agendasolo, Rabu (11/4/2018). Akun tersebut menuliskan kalau video didapat dari akun @skycrapercitysolo. Namun saat ditelusuri Solopos.com, tak ada video tersebut di akun @skycrapercitysolo.

Dalam video yang tercantum logo Kementerian Perhubungan itu digambarkan jalur yang dilewati kereta bandara jurusan Stasiun Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo. Ada penjelasan kalau kereta bandara melalui daerah Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Ada juga keterangan lahan TNI AU dipakai untuk proyek kereta bandara.

Dalam video tersebut tampak kereta bandara dibuat melayang. Kereta api tersebut melewati beberapa ruas jalan dan areal persawahan.

Dihimpun terpisah oleh Solopos.com, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro menyampaikan train set kereta bandara dijadwalkan tiba di Solo akhir April ini. ”Karena belum dioperasikan untuk kereta Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan rencananya kami operasikan untuk Solo- Jogja-Kutoarjo. Awal Mei lah bisa operasi, " katanya ketika dijumpai wartawan seusai audiensi dengan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo di Balai Kota Solo, Rabu (11/4/2018) pagi.

Saat ini proyek jalur kereta api bandara yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan belum rampung. Namun train set yang terdiri atas empat gerbong sudah selesai dibuat dan siap dioperasikan.

Kereta bandara ini dibuat untuk menampung 200 penumpang, setiap gerbong ada 50 tempat duduk. Kereta tersebut berjenis Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) dengan material eksterior dan interior didominasi stainless steel.

Video tersebut sontak ramai di kalangan warganet. Beberapa komentar ada yang mendukung,namun ada juga kritikan. “Mudah-mudahan segera jadi, ini nanti keren luar biasa,” tulis @rolisadit.

“Nanti yang naik siapa ya? Di Jakarta saja sepi, kalay di solo berapa orang ya?” tulis @ashrafhbr.

“Ini nanti mirip di Tirtonadi, balapan ada jalan layang,” tulis @santri_tengahmalam.