Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 11 April 1814, Napoleon Bonaparte Diasingkan dari Prancis

Napoleon Bonaparte. (Biography.com)
11 April 2018 00:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 11 April. Salah satu peristiwa penting dunia yang terjadi pada 11 April adalah diasingkannya Napoleon Bonaparte ke Pulau Elba.

Masih banyak momentum bersejarah terkait tanggal 11 April. Dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 11 April.

1241
Pasukan Kerajaan Mongol pimpinan Batu Khan berhasil mengalahkan pasukan Hungaria dalam Pertempuran Mohi. Kemenangan pasukan Mongol itu sekaligus membuat Batu Khan berhasil merebut Hungaria dari Bela IV. Pertempuran Mohi berlangsung di dekat Sungai Sajo di Hungaria.

1544
Pasukan Prancis mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang dibantu pasukan Spanyol di dekat Ceresole d'Alba, sebelah tenggara Turin yang kini menjadi wilayah Italia. Di salah satu pertempuran dalam Perang Italia itu, pasukan Prancis mampu menumpas sekitar 5.000 tentara hingga 6.000 tentara serta serta menangkap sedikitnya 3.150 prajurit dari pihak Kekaisaran Romawi Suci dan Spanyol.

1814
Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menandatangani Perjanjian Fontainebleau dengan perwakilan dari Austria, Prusia, dan Rusia. Perjanjian tersebut sekaligus secara resmi mengakhiri Perang Koalisi Keenam setelah Prancis mengalami kekalahan. Setelah perjanjian tersebut ditandatangani, Napoleon Bonaparte turun dari takhtanya dan diasingkan ke Pulau Elba.

1919
International Labour Organisation (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional didirikan. ILO adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Organisasi ini menjadi bagian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) setelah pembubaran LBB pada akhir Perang Dunia II.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut penampungan dan membebaskan tahanan di Buchenwald, Jerman dari tangan pasukan Jerman. Para tahanan penampungan itu kemudian dibebaskan tentara AS. Penampungan di Buchenwald sebelumnya digunakan pihak militer Jerman untuk menampung kaum Yahudi selama Perang Dunia II.

1979
Presiden Uganda Idi Amin digulingkan dari jabatannya oleh militer Uganda yang dibantu pihak Tanzania. Idi Amin kemudian mengungsi ke Libya untuk meminta suaka ke Jeddah, Arab Saudi. Idi Amin menjabat sebagai presiden di Uganda sejak 1971.

1982
Inggris menempatkan kapal perangnya di perairan dekat Kepulauan Falkland, dekat Argentina. Hal itu dilakukan Inggris karena Argentina telah menyatakan akan merebut Kepulauan Falklan dari Inggris.

1991
Thiago Alcantara do Nascimento dilahirkan di San Pietro Vernotico, Italia. Kini, namanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Eropa, Bayern Munchen, sejak 2013 lalu. Meski lahir di Italia, Thiago merupakan pemain sepak bola berkewarganegaraan Spanyol.

2006
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengumumkan klaim bahwa negaranya telah berhasil mengembangkan uranium. Seperti diketahui, uranium merupakan unsur kimia yang kerap dimanfaatkan dalam pembuatan bom nuklir.

2012
Gempa bumi berkekuatan 8,6 skala Richter mengguncang perairan sebelah barat Pulau Sumatra. Gempa bum itu juga terasa hingga sebagian wilayah Bangladesh, India, Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Sri Lanka. Beberapa saat setalah gempa terjadi, tsunami terjadi di beberapa pulau. Gempa bumi itu menewaskan lima orang dan melukai tujuh orang.

Sumber : Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com

Kolom 1 day ago

Budaya Ngiras