Wisata Jogja Tambah Seru, Pasar Beringharjo Buka Sampai Malam

Suasana di Pasar Beringharjo, Selasa (10/4/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi
11 April 2018 08:42 WIB Salsabila Annisa Azmi Nasional Share :

Solopos.com, JOGJA -- Wisata Jogja bakal bertambah seru menyusul dibukanya  Pasar Beringharjo Jogja hingga pukul 21.30 WIB mulai Rabu (10/4/2018) malam ini.

Para pedagang mulai mempersiapkan stok dagangan dan sistem shif penjagaan lapak. Beberapa pedagang masih menganggap Pasar Beringharjo dibuka pada malam hari masih percobaan.

Salah satu pedagang batik di Pasar Beringharjo, Karni, mengatakan kabar yang beredar bahwa Pasar Beringharjo akan buka selama 24 jam tidak benar. "Besok hari pertama dibuka sampai pukul 21.30 WIB. Kalau biasanya kami sudah pulang pukul 17.00 WIB, besok kami pulang malam, tentunya akan capek sekali," kata Karni kepada Harianjogja.com, Selasa (10/4/2018).

Karni mengatakan sebenarnya perpanjangan jam operasional Pasar Beringharjo dianggap melelahkan oleh beberapa pedagang. Namun melihat kesuksesan Pasar Sore ketika buka pada malam hari, mereka tak menampik ingin berpartisipasi. Pasar Sore yang berada di selatan Beringharjo selama ini buka pada malam hari. "Saya sudah merencanakan bergantian jaga lapak dengan karyawan lain," kata Karni.

Pedagang batik lainnya, Aning, mengatakan Pasar Beringharjo cenderung sepi saat siang hari, kecuali saat libur panjang. Dia berharap dengan dibukanya Pasar Beringharjo hingga malam hari, dapat menambah penghasilan pedagang. "Seharusnya serempak ada sistem shift pedagang yang berjaga, tapi ini kan baru percobaan seminggu, kalau tetap sepi tidak akan dijalankan lagi," kata Aning.

Ketua Paguyuban Pedagang Beringharjo Pager Harjo, Ujun Djunaedi, mengatakan tidak ada masa percobaan untuk program membuka Pasar Beringharjo hingga malam hari. "Ini akan dijalankan untuk seterusnya, mengingat potensi pasar malam itu sangat besar," kata Ujun.

Ujun mengatakan sejauh ini pedagang Pasar Beringharjo sejatinya sudah setuju dengan program tersebut, namun beberapa ada yang masih ragu-ragu akan prospek pembukaan pasar hingga malam. Ujun menganggap hal tersebut adalah wajar. "Namanya juga perubahan, pasti ada dinamika, penyesuaian sana sini," kata Ujun.

Ujun menambahkan sejauh ini persiapan dilakukan dengan terus memupuk mindset pedagang tentang besarnya potensi Pasar Beringharjo jika dibuka hingga malam hari. Selain itu, Ujun juga menekankan pada pedagang untuk memberlakukan sistem shift di masing-masing lapaknya demi menjaga stamina mereka. "Saya tekankan juga untuk penambahan pekerja, sistem shifting, karena tidak mungkin satu orang jaga dari pagi," kata Ujun.

Tokopedia