Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 9 April 2003, Patung Saddam Hussein di Bagdad Dihancurkan AS

Penghancuran patung Saddam Hussein di Bagdad, Irak, 9 April 2003. (Wikimedia.org)
09 April 2018 00:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-99—hari ke-100 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 9 April. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 9 April adalah hancurnya patung Saddam Hussein di Bagdad, Irak.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 9 April.

1940
Pasukan Jerman mulai menyerbu wilayah Norwegia dan Denmark. Sejumlah kapal perang milik Jerman berlabuh di beberapa pelabuhan di Norwegia. Pada saat yang sama, militer Jerman berhasil menduduki Kota Kopenhagen di Denmark. Pasukan Jerman menamai operasi tersebut dengan nama Operasi Weserubung.

1942
Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Filipina secara resmi menyerah kepada Jepang dan menyerahkan wilayah Semenanjung Bataan kepada Jepang. Sebanyak 70.000 tentara AS dan Filipina digiring oleh pasukan Jepang untuk ditahan.

1957
Terusan Suez di Mesir dinyatakan aman untuk dilintasi kapal setelah pertempuran antara Mesir dan Israel berakhir. Sebelumnya, Israel telah menarik mundur pasukannya dari Terusan Suez.

1977
Gerard Arthur Way dilahirkan di Newark, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Gerard lantas dikenal sebagai vokalis dari band bernama My Chemical Romance. Bersama band tersebut, ia sudah menghasilkan lima album studio sebelum band tersebut bubar pada 2013 lalu.

1990
Kristen Jaymes Stewart dilahirkan di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). namanya kemudian dikenal luas sebagai aktris yang pernah membintangi sejumlah film layar lebar. Perannya yang bisa dibilang paling terkenal adalah ketika dirinya menjadi Bella Swan dalam film Twilight.

1991
Georgia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sebelumnya, Georgia menjadi negara kekuasaan Uni Soviet sejak 1921.

1999
Presiden Niger, Ibrahim Bare Mainassara, dibunuh dalam sebuah kudeta militer oleh para tentara di bandar udara di ibu kota Niger, Niamey. Ibrahim Bare Mainassara menjabat sebagai Presiden Niger sejak 1996 setelah berhasil menggulingkan pemerintahan Presiden Mahamane Ousmane.

2001
Presiden Indionesia Abdurrahman Wahid mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 19/2001 yang meresmikan Imlek sebagai hari libur fluktuatif yang hanya berlaku bagi mereka yang merayakannya. Sebelumnya, sejak 1968 sampai 1999, Imlek bukan merupakan hari libur dan dilarang dirayakan di depan depan umum.

2003
Pasukan Amerika Serikat (AS) yang menginvasi Irak menghancurkan patung Sadam Hussein di Bagdad, Irak. Patung tersebut hancur berkeping-keping setelah dibombardir menggunakan tank. Peristiwa itu juga menandai jatuhnya pemerintahan Sadam Hussein di Irak.

2012
Sebuah bom meledak di sebuah pasar di Kota Baidoa, Somalia. Serangan tersebut menewaskan 12 orang yang terdiri dari wanita dan anak-anak. Kelompok militan Al-Shabab bertanggung jawab atas serangan tersebut.