KPU Jateng Bantah Berpihak ke Ganjar-Taj Yasin

Pilgub Jateng 2018. (Solopos/Dok)
06 April 2018 04:30 WIB Alif Nazzala Rizqi Nasional Share :

Solopos.com, SEMARANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah membantah tudingan bahwa lembaga itu berpihak kepada salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng. Hal tersebut menanggapi pernyataan tim sukses Sudirman Said - Ida Fauziyah soal lambannya pemasangan alat peraga kampanye (APK) menjelang Pilkada Jateng 2018.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, menegaskan bahwa pihaknya tidak terlambat dalam menentukan aturan pemasangan APK Pilkada Jateng 2018. Menurutnya, APK ada yang telah dipasang meski beberapa di antaranya belum selesai karena kinerja yang kurang baik dari CV Selat Sunda, pemenang lelang cetak dan pemasangan APK.

“Baliho sudah dipasang beberapa waktu lalu oleh rekanan penyedia barang. Tapi hingga batas akhir kesepakatan, 24 Maret, tidak selesai dan tidak sesuai ketentuan. Akhirnya, kami putus kontraknya,” ujarnya Kamis (5/4/2018).

Lelang ulang pemasangan baliho peserta Pilkada Jateng 2018, lanjut Joko, saat ini tengah berlangsung. Selama proses belum selesai, KPU juga telah meminta pemerintah di masing-masing kabupaten/kota se-Jateng untuk memasang baliho sosialisasi. “Umbul-umbul dan spanduk juga sudah dipasang di setiap kecamatan dan kelurahan. Proses pemasangan juga masih berjalan," tambahnya.

Selain itu, Joko menegaskan jika pihaknya sudah mendistribusikan bahan kampanye lainnya, berupa pamflet, flyer, poster, dan pamflet. Masing-masing berjumlah tiga juta lembar setiap paslon dan disebar di 35 kabupaten/kota se-Jateng.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Gerindra Sriyanto Saputro menyatakan adanya kemungkinan bagi pihaknya untuk menggugat KPU. Gugatan itu menyusul tersendatnya pemasangan APK selama pelaksanaan kampanye Pilkada Jateng 2018.

Anggota Komisi A DPRD Jateng itu menilai keterlambatan pemasangan APK telah merugikan paslon usungan koalisinya, Sudirman Said-Ida Fauziyah, yang harus menghadapi petahana Ganjar Pranowo. Berbagai kecurigaan pun lantas muncul, mulai dari adanya unsur kelalaian prosedur hingga kesengajaan.

Kolom 1 day ago

Budaya Ngiras