Korban Tewas 31 Orang, Miras Oplosan Gunakan Obat Kuat

Ilustrasi mayat (Solopos/Whisnu Paksa)
05 April 2018 19:22 WIB Rini Yustiningsih Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 31 orang tewas karena miras oplosan dalam waktu berdekatan di empat lokasi di DKI Jakarta dan sekitaranya. Polisi mencatat puluhan orang itu tewas karena menenggak minuman keras (miras) oplosan yang mengandung obat kuat.

Informasi dihimpun Solopos.com dari Liputan6.com dan Suara.com, menyebutkan korban jiwa miras oplosan itu tersebar di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, dan Bekasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, hingga kini pihaknya menerima laporan masih ada korban yang menjelani perawatan medis. "Ada di Bekasi tujuh orang, Depok enam orang, Jagakarsa delapan orang, dan Timur 10 orang," katanya, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/4/2018).

Enam orang tersangka peredaran miras oplosan telah ditangkap. "Di Jakarta Selatan satu orang tersangka, Jakarta Timur tiga orang, dan Bekasi dua tersangka."

Dari hasil pemeriksaan awal, Argo mengatakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat miras oplosan salah satunya yakni obat kuat. Selain menggunakan alkohol murni, miras jenis gingseng ini juga dicampur dengan minuman ringan, minuman berenergi dan obat kuat.

"Ada beberapa minuman, obat penguat, dan sebagainya. Cara mencampurnya tidak bisa saya sampaikan di sini," katanya.

Menurut Argo, sampel dari miras oplosan yang disita terkait penggerebekan pembuatan miras oplosan di Duren Sawit dan Cakung juga telah dibawa ke Pusat Laboratorium Forensik Polri untuk diteliti.

"Barang bukti kita periksa di Puslabfor untuk menemukan zat yang menyebabkan kematian," kata dia.

Selain untuk menelusuri penyebab kematian korban, pengecekan melalui laboratorium itu juga diperlukan untuk mengetahui apakah miras tersebut sama seperti yang beredar di Jagakarsa, Jakarta Selatan. "Intinya masih kita dalami, masih kia mengidentifikasi apakah ada kesamaan (miras) dengan wilayah yang lain," kata dia.

 

 

Sumber : Newswire