Soloraya
Kamis, 18 April 2024 - 09:48 WIB

CFD Solo Buka Lagi Mulai Minggu 21 April 2024, Ini Cara Ajukan Izin Kegiatan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga melintas saat Car Free Day Solo di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (17/3/2024). Car Free Day Solo digelar perdana pada bulan suci Ramadan 2024. Pada kali ini berbeda jauh dibandingkan Minggu biasanya yang dipenuhi ribuan orang dari Solo dan sekitarnya. Sejumlah pengunjung melakukan aktivitas berolahraga seperti bersepeda, lari-lari, dan jalan santai sedangkan sebaliknya sejumlah pedagang kaos, pernik-pernik, hingga mainan tetap berjualan. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo kembali mengadakan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) Minggu (21/4/2024) pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB, setelah sebelumnya CFD ditiadakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Ari Wibowo menjelaskan sudah ada sejumlah komunitas maupun instansi yang mengajukan izin kepada Dishub Solo untuk melakukan kegiatan di Jl. Slamet Riyadi pada perhelatan CFD.

Advertisement

“Banyak permohonan izin yang masuk ke kami, misalkan di titik-titik persimpangan besar. Sudah ada yang memesan namun belum senormal biasanya,” jelas dia dihubungi Solopos.com, Kamis (18/4/2024) pagi.

Ari mengatakan sejumlah event itu berkaitan dengan promosi serta peringatan Hari Kartini 21 April. Menurutnya, sejumlah komunitas bakal memeriahkan peringatan Hari Kartini di jalur CFD.

Diungkapkan Ari, masyarakat bisa mengajukan izin kegiatan kepada Dishub Kota Solo dengan datang ke kantor Dishub Solo, posko Dishub Solo di depan McDonald’s Slamet Riyadi Solo setiap Minggu pagi, dan aplikasi perizinan elektronik Solo CFD.

Advertisement

“Setelah itu nanti bisa mengecek lokasi mana saja yang kosong. Izin menggelar kegiatan gratis,” papar dia. Ari mengatakan Dishub Solo mengatur lokasi kegiatan, misalkan event musik akan ditempatkan jauh dari gereja. Diketahui, ada sejumlah gereja di jalur Solo CFD.

Lebih lanjut, Ari menjelaskan ada sejumlah event rutin yang digelar di kawasan Gendengan sampai simpang Ngapeman, antara lain senam.

Sebelumnya, Dishub Solo meniadakan CFD Jl. Slamet Riyadi maupun Jl Ir. Juanda, Jebres, Solo, selama dua pekan berturut-turut pada masa arus mudik Lebaran 2024, yakni pada Minggu (7/4/2024) jelang Lebaran dan Minggu (14/4/2024) setelah Lebaran.

Advertisement

Kebijakan itu diterapkan supaya mendukung kelancaran arus lalu lintas selama periode libur Lebaran 2024. Pasalnya, jumlah kendaraan yang keluar dan masuk Solo mengalami peningkatan selama libur Lebaran 2024.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif