Bisnis
Kamis, 25 April 2024 - 12:47 WIB

GoPay Salurkan Donasi Rp31 Miliar yang Terkumpul Selama Ramadan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Melalui program Berbagi Kebaikan, donasi yang disalurkan pengguna melalui GoPay mencapai Rp30 miliar. Selain donasi dari pengguna, GoPay juga mendonasikan dana sebesar Rp1 miliar. (Istimewa/GoPay)

Solopos.com, JAKARTA–GoPay, bagian dari ekosistem digital terbesar Indonesia GoTo, menyalurkan zakat dan donasi total sebesar Rp31 miliar yang terkumpul selama Ramadan.

Zakat dan donasi tersebut merupakan bagian dari program Berbagi Kebaikan GoTo yang dijalankan selama Ramadan pada 12 Maret – 11 April 2024, di mana sebesar Rp30 miliar berasal dari pengguna GoPay yang berdonasi menggunakan GoPay untuk kemudian disalurkan melalui berbagai lembaga amil zakat.

Advertisement

Sementara, donasi sebesar Rp1 miliar murni berasal dari dana yang didonasikan oleh GoPay. Group Chief Operating Officer GoTo, Hans Patuwo, mengucapkan terima kasih kepada pengguna GoPay atas partisipasi dan antusiasme yang tinggi di dalam program Berbagi Kebaikan Ramadan GoTo.

“GoTo didirikan dengan tujuan memberikan dampak sosial bagi masyarakat melalui teknologi. Sejalan dengan itu, pada Ramadan lalu kami menjalankan program Berbagi Kebaikan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis (25/4/2024).

Advertisement

“GoTo didirikan dengan tujuan memberikan dampak sosial bagi masyarakat melalui teknologi. Sejalan dengan itu, pada Ramadan lalu kami menjalankan program Berbagi Kebaikan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis (25/4/2024).

“GoTo selama ini telah dekat dengan keseharian masyarakat, mendukung masyarakat menjalani keseharian, termasuk menjadi pilihan untuk berdonasi dengan GoPay. Melalui program Berbagi Kebaikan, donasi yang disalurkan pengguna melalui GoPay mencapai Rp30 miliar. Selain donasi dari pengguna, GoPay juga mendonasikan dana sebesar Rp1 miliar,” tambah Hans.

Hans menguraikan selama Ramadan, penyaluran zakat dan donasi ke berbagai lembaga amil zakat melalui aplikasi GoPay, aplikasi Gojek maupun platform lainnya menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran, meningkat hampir 50% dibandingkan dengan Ramadan tahun sebelumnya.

Advertisement

Adapun donasi dari pengguna yang dilakukan dengan GoPay kemudian disalurkan melalui berbagai lembaga amil zakat. Sementara itu, donasi sebesar Rp1 miliar yang berasal dari dana perusahaan GoPay telah disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Donasi dari GoPay disalurkan untuk renovasi musala, paket sembako gratis, serta bantuan pendidikan untuk anak-anak panti asuhan yang dikelola oleh komunitas mitra driver Gojek,” ujar Hans.

Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan, mengapresiasi kolaborasi dengan GoPay dalam memudahkan masyarakat menunaikan zakat serta berdonasi secara digital.

Advertisement

“Kami bersyukur dapat bermitra dengan GoPay dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para muzakki dan mustahik, serta mengapresiasi program Berbagi Kebaikan GoTo selama bulan Ramadan. Transaksi zakat dan donasi melalui GoPay Ramadan tahun ini meningkat sebesar 81,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tutup Rizaludin.

GoPay menyediakan fitur “Zakat dan Donasi” untuk memfasilitasi pengguna membayar zakat dan berdonasi ke berbagai lembaga amil zakat dan organisasi sosial yang terpercaya, termasuk Baznas.

GoPay sendiri telah mendapatkan pengakuan dari Baznas sebagai mitra financial technology (fintech) terbaik selama lima tahun berturut-turut.

Advertisement

Sementara melalui aplikasi Gojek, pelanggan GoFood telah menyalurkan sebanyak 7.000 Paket Kebaikan GoFood (makanan gratis) kepada mitra pengemudi, hanya dalam kurun waktu satu pekan.

Artinya, secara rata-rata ada 1.000 mitra pengemudi yang mendapatkan paket makanan gratis dari pelanggan setiap harinya. Angka ini meningkat hampir dua kali lipat dari Ramadan tahun lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif