Soloraya
Jumat, 26 April 2024 - 11:07 WIB

Dihadiri Gibran, Aerostreet Bagikan 1.000 Sepatu Gratis untuk Siswa di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa di Solo menerima bantuan sepatu gratis dari Aerostreet di Auditorium SMKN 8 Solo, Jumat (26/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—-Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ikut hadir dalam pembagian sepatu gratis oleh perusahaan sepatu asal Klaten,  Aerostreet di Auditorium SMKN 8 Solo, Jumat (26/4/2024).

Sejak pagi ratusan siswa SD hingga SMP di Solo antusias menerima bantuan sepatu sekolah tersebut. Gibran mengatakan pembagian sepatu gratis itu merupakan program corporate social responsibility (CSR) dari Aerostreet.

Advertisement

“Ini sudah rutin dari Aerosteet, hari ini ada pembagian 1.000 sepatu untuk anak-anak. Ini CSR dari Aerostreet, bukan dari pemerintah,” kata dia ketika ditemui oleh awak media di sela-sela acara, Jumat (26/4/2024).

Gibran mengatakan para siswa yang menerima bantuan sepatu gratis berasal dari keluarga tidak mampu. Sementar penerima sepatu gratis merupakan siswa penerima Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS).

Wakil Presiden terpilih itu mengatakan kebutuhan siswa merupakan prioritasnya. Termasuk pemenuhan gizi dan peralatan sekolah. “Meskipun sudah ter-cover dengan program BPMKS tapi kadang-kadang ada beberapa item tidak terpenuhi, salah satu item termahal kan sepatu,” lanjut dia.

Advertisement

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Dian Rineta mengatakan pembagian sepatu itu menyasar siswa dari jenjang SD, SMP, sampai SMA/SMK di Kota Bengawan.

“Diberikan kepada siswa-siswi kita dari keluarga tidak mampu. Jadi kemarin karena jumlah hanya 1.011 sepatu jadi kriterianya anak yatim, piatu, atau dhuafa yang diprioritaskan. Nomor sepatunya dari 31 sampai 43,” kata dia.

Owner Aerostreet, Adhitya Caesarico alias Rico, mengatakan pembagian sepatu gratis tersebut sudah berjalan rutin empat kali dalam satu tahun. Dia mengatakan untuk kali ini pihaknya menyasar siswa sekolah.

Advertisement

Rico menjelaskan pembagian sepatu gratis tidak hanya terbatas di daerah Soloraya, namun juga terbuka untuk berbagai wilayah di Indonesia. Dia mengatakan masyarakat bisa mengajukan melalui direct message (DM) Instagram Aerostreet.

“Kalau selama ini [pengertiannya] melalui DM Aerostreet, misalkan ada yang dari Papua sekolah tidak pakai sepatu. Itu bisa DM ke Aerostreet kemudian videokan siswanya, lalu kami kirim ke sana. Jadi siswa tinggal pakai saja, pengiriman [ditanggung] kami juga,” kata dia.

Dia mengatakan alasan dirinya membantu siswa-siswa sekolah melalui program CSR lantaran Aerostreet sendiri mulanya memproduksi sepatu untuk sekolah. Rico mengatakan sepatu yang dibagikan itu juga khusus dan tidak diproduksi secara massal untuk dijual. “Sepatu yang dibagikan khusus untuk program CSR saja,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif