Sport
Rabu, 24 April 2024 - 02:40 WIB

Nathan Tjoe Aon Gabung Lagi, STY Yakin Kejutkan Korsel Jumat Dini Hari

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe Aon (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Hadirnya Nathan Tjoe Aon di Skuad Garuda Muda untuk melawan Korea Selatan U-23 di perempatfinal Piala Asia U-23, Jumat (26/4/2024) dini hari, membuat Shin Tae-yong gembira.

Pelatih asal Korea Selatan itu yakin bisa membuat kejutan meski harus melawan timnas negaranya sendiri.

Advertisement

“Saya memastikan pelatih Hwang Sun Hong akan stres,” kata Shin Tae-yong kepada media Korsel, Chuson, seperti dikutip Solopos.com, Selasa (23/4/2024).

Diberitakan sebelumnya, jutaan penggemar sepak bola Tanah Air mendapat kabar gembira setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sukses melobi klub Belanda, SC Heerenveen untuk melepas Nathan Tjoe Aon.

Pemain inti skuad Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 itu dipastikan bisa membela Garuda Muda kontra Korea Selatan pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Advertisement

Tak hanya laga kontra Korsel, SC Heerenveen memperbolehkan Nathan membela Timnas Garuda jika lolos ke babak berikutnya sampai akhir turnamen.

Kabar baik itu dirilis PSSI di akun resminya, Selasa (23/4/2024) tengah malam.

“Kabar baik datang dari Belanda yang mana klub SC Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa Piala Asia U-23,” ujar Erick Thohir seperti dikutip Solopos.com.

Advertisement

Sebelumnya Nathan hanya diizinkan main hingga putaran grup usai. Karenanya, begitu Indonesia sukses memulangkan Yordania Nathan langsung terbang ke Amsterdam untuk gabung kembali dengan klubnya.

Bahkan pemain berusia 22 tahun itu sempat berlatih dengan SC Heerenveen.

Warganet Indonesia lantas membanjiri akun media sosial milik klub di liga teratas Belanda tersebut.

Di saat yang sama, Ketum PSSI melakukan lobi kepada SC Heerenveen.

Berkat lobi keras yang dilakukan Erick Thohir, Nathan akhirnya bisa kembali bergabung dengan Indonesia di Doha, Qatar untuk laga melawan Korea Selatan.

Setelah diizinkan klubnya, Nathan langsung terbang ke Qatar guna persiapan laga melawan Korsel.

Erick mengatakan, usaha melobi SC Heerenveen sukses juga berkat dukungan seluruh pihak.

Selain Erick yang turun langsung melobi petinggi klub Belanda itu, sejumlah pihak ikut membantu lewat pendekatan personal serta informal.

“Tentu terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat dan memberi dukungan. Kini kita fokus menatap laga lawan Korsel dengan kekuatan yang utuh,” ujar Erick.

Shin memantau langsung pertandingan Korea Selatan vs Jepang pada laga terakhir Grup B Piala Asia U-23 2024, Senin (22/4/2024) malam.

Korea Selatan menang 1-0 atas Tim Samurai Biru dan mengunci posisi puncak Grup B dengan perolehan 9 poin dari 3 pertandingan.

Dengan demikian, di perempatfinal Piala Asia U-23 Indonesia sebagai runner-up Grup A bakal menghadapi Korsel yang merupakan juara Grup B.

Pelatih Korsel U-23, Hwan Sun-hong menyebut Indonesia sebagai lawan yang sulit untuk dikalahkan.

Meski begitu, dia berjanji akan memberikan yang terbaik guna mengalahkan tim racikan Shin Tae-yong tersebut.

“Pertandingan sebenarnya dimulai dari sekarang [perempat final]. Indonesia bukan lawan yang mudah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mencapai target saya [mengantarkan Korea lolos Olimpiade 2024],” ujar Hwang Sun-hong seusai laga kontra Jepang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif