Jogja
Jumat, 19 April 2024 - 14:11 WIB

Mayoritas Kader PDIP Dukung Joko Purnomo Maju Jadi Calon Bupati 2024

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu. (freepik)

Solopos.com, BANTUL – Sebanyak 17 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan 75 ranting Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se-Kabupaten Bantul mengusulkan Joko Purnomo untuk maju sebagai bakal calon bupati Bantul pada Pilkada 2024.

PAC Sewon mengusulkan nama Joko Purnomo dan Aryunadi (anggota DPRD Bantul), PAC Bambanglipuro mengusulkan Joko Purnomo dan Hanung Raharjo (Ketua DPRD Bantul), PAC Kasihan mengusulkan Joko Purnomo dan Soimah Pancawati.

Advertisement

Sekretaris tim penjaringan calon bupati dan wakil bupati Bantul, DPC PDIP Bantul, Rajut Sukasworo, mengatakan hasil tersebut selanjutnya dibawa dalam rapat internal DPC PDIP Bantul. Namun secara garis besar, hasil penjaringan internal memperlihatkan jika mayoritas menghendaki Joko Purnomo maju sebagai bacalon bupati Bantul pada Pilkada mendatang.

“Untuk Pak Hanung, semalam sudah menyatakan diri tidak bersedia untuk diusulkan,” kata Rajut, Jumat (19/4/2024).

Advertisement

“Untuk Pak Hanung, semalam sudah menyatakan diri tidak bersedia untuk diusulkan,” kata Rajut, Jumat (19/4/2024).

Sementara untuk tiga nama lainnya, yakni Aryunadi, Joko Purnomo dan Soimah Poncowati, kata Rajut sejauh ini pihaknya akan meminta keterangan lebih lanjut untuk kesediaan. Oleh karena itu, pihaknya akan meminta memanggil ketiganya dan menyodorkan formulir kesediaan.

“Selain itu kami juga masih membuka pendaftaran dari eksternal partai ataupun yang belum terjaring sampai Kamis [25/4/2024]. Setelah itu maka semua yang masuk akan kami panggil dan kami sodorkan formulir,” kata Rajut.

Advertisement

“Soal nanti siapa yang akan mendapatkan restu, semua tergantung dari DPP. Termasuk kemungkinan melakukan survei nanti akan dilakukan oleh DPP,” kata Rajut.

Menurut Rajut, proses penjaringan yang dilakukan pihaknya sementara ini memang baru mendapatkan nama-nama yang diusulkan maju sebagai bakal calon bupati Bantul. Untuk bakal calon wakil bupati Bantul, sejauh ini belum ada.

“Oleh karena itu, proses ini masih terus berjalan. Kami pun mulai menurunkan tim untuk melakukan komunikasi dengan partai lain,” papar Rajut.

Advertisement

Terpisah, Ketua DPC PDIP sekaligus Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, mengaku siap maju menjadi bacalon Bupati Bantul pada Pilkada mendatang. Hal ini didasarkan dari mayoritas suara internal partai yang menghendaki dirinya maju sebagai bacalon bupati Bantul.

“Saya secara pribadi siap diusulkan jadi bacalon bupati Bantul. Jadi namanya kader partai harus siap ditugaskan kemana saja,” kata Joko.

Terkait bacalon wakil bupati yang nanti mendampinginya, Joko mengaku nantinya akan melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak, ternasuk partai lainnya. Karena harus ada komitmen bersama untuk mewujudkan Bantul lebih baik.

Advertisement

“Dan hari ini kami sudah menugaskan tim untuk melakukan komunikasi dengan partai politik lain,” katanya.

Selain itu, Joko mengaku akan melakukan komunikasi dengan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. Ini dilakukan agar ke depan, semua berjalan dengan baik dan lancar serta tak ada persoalan di Bantul.

“Tapi, secara prinsip kami siap bekerja sama dengan partai manapun pada Pilkada mendatang,” kata Joko.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Didukung 17 PAC PDIP, Joko Purnomo Siap Maju di Pilkada Bantul

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif